Elon Musk Akan Pasok Starlink ke Organisasi Kemanusiaan, Begini Reaksi Israel

Minggu, 29 Oktober 2023 - 09:26 WIB
loading...
Elon Musk Akan Pasok Starlink ke Organisasi Kemanusiaan, Begini Reaksi Israel
Elon Musk akan memasok internet berbasis satelit ke Jalur Gaza untuk organisasi kemanusiaan internasional. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
TEL AVIV - Israel akan melawan upaya bos perusahaan internet berbasis satelit Starlink , Elon Musk , untuk memasok internet ke organisasi bantuan internasional di Jalur Gaza .

Elon Musk mengatakan bahwa internet satelit Starlink akan tersedia untuk organisasi bantuan di Gaza setelah komunikasi terputus pada Jumat malam.

Seperti diketahui, layanan internet dan seluler di Jalur Gaza padam setelah Israel memborbardir wilayah tersebut. Negara Zionis itu kemudian memulai serangan darat pertamanya ke Jalur Gaza.

Nomor telepon darurat 101 tidak berfungsi, artinya ambulans tidak dapat dihubungi. Banyak jurnalis dan pekerja bantuan di Jalur Gaza juga kehilangan kontak.

Aksi Israel ini pun dikritisi oleh anggota Kongres dari Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) Alexandria Ocasio-Cortez di platform media sosial X, dulu Twitter. Ia mengatakan hilangnya akses telekomunikasi dan internet, dan menyebutnya sebagai tindakan yang tidak dapat diterima.



Musk pun meresponsnya dengan mengatakan: "Starlink akan mendukung konektivitas dengan organisasi bantuan yang diakui secara internasional di Gaza."

Menanggapi postingan Musk di X, Menteri Komunikasi Israel, Shlomo Karhi, mengatakan Israel akan melawan upaya CEO SpaceX itu untuk menawarkan Starlink ke Jalur Gaza.

“Israel akan menggunakan segala cara untuk melawan hal ini,” kata Karhi dalam postingannya seperti dikutip dari Insider, Minggu (29/10/2023).

Belum ada konfirmasi apa pun bahwa Starlink telah secara resmi menawarkan layanannya selain tweet Musk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)