Internet Padam, Starlink Elon Musk Layani Organisasi Bantuan di Gaza

Minggu, 29 Oktober 2023 - 05:01 WIB
loading...
Internet Padam, Starlink Elon Musk Layani Organisasi Bantuan di Gaza
Layanan Starlink menjadi salah satu harapan di Gaza yang mengalami pemadaman internet akibat serangan Israel. Foto/starlink
A A A
JALUR GAZA - Bos Tesla Elon Musk pada Sabtu (28/10/2023) mengumumkan sistem komunikasi berbasis satelitnya, Starlink, akan memperluas layanannya ke “organisasi bantuan yang diakui secara internasional” di Jalur Gaza.

“Pengumuman Musk itu muncul setelah Israel memutus jaringan komunikasi yang menyebabkan pemadaman informasi total di daerah kantong yang terkepung pada Jumat malam (27/10/2023),” ungkap laporan Anadolu.

Elon Musk mengatakan di X, “Starlink akan mendukung konektivitas ke organisasi bantuan yang diakui secara internasional di Gaza.”

Beberapa jam kemudian, Musk kembali berkata di X, “Kami akan mendukung PBB dan kelompok bantuan lain yang diakui secara internasional.”

Sebelumnya, Musk terlibat dalam percakapan dengan para aktivis dan pejabat di platform X ketika mereka menyampaikan keprihatinan mereka tentang pemadaman semua jaringan internet dan telekomunikasi di Jalur Gaza, dan konsekuensinya, terutama terhadap operasi PBB dan layanan kesehatan.



Sementara Israel sedang mempersiapkan operasi darat yang luas di Gaza, Kementerian Komunikasi Israel mengatakan pihaknya memulai pembicaraan resmi dengan perusahaan Musk, SpaceX, untuk menyediakan layanan Starlink sebagai cadangan jika sistem lain gagal di Israel.

Kementerian Israel menyatakan langkah ini akan memastikan kota-kota yang terletak di garis depan wilayah kantong Gaza dan zona perang menerima layanan internet terus-menerus.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)