Perdana Menteri Israel Netanyahu Umumkan Tahap Kedua Perang Melawan Hamas di Gaza

Minggu, 29 Oktober 2023 - 06:01 WIB
loading...
Perdana Menteri Israel Netanyahu Umumkan Tahap Kedua Perang Melawan Hamas di Gaza
Unit artileri bergerak Israel menembakkan peluru dari Israel selatan menuju Jalur Gaza, di posisi dekat perbatasan Israel-Gaza, Rabu, 25 Oktober 2023. Foto/AP/Tsafrir Abayov
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan pada Sabtu (28/10/2023) bahwa fase perang berikutnya melawan Hamas akan fokus pada operasi darat yang diperluas ke Gaza.

“Kemarin, pasukan darat kami masuk melalui gerbang Gaza… Ini adalah perang tahap kedua dan tujuannya jelas: menghancurkan infrastruktur militer dan politik Hamas serta memulangkan para sandera,” ujar dia dalam pidatonya untuk bangsa.

“Kami dengan suara bulat memutuskan memperluas operasi darat, baik di kabinet perang kami maupun di kabinet politik dan keamanan kami,” papar perdana menteri Israel.

Netanyahu berpendapat sekutu Israel di negara-negara barat dan Arab memahami tujuan perang Israel melawan Hamas dan ingin Israel menang.

Netanyahu dan istrinya Sara bertemu pada Sabtu dengan perwakilan keluarga sandera yang ditahan oleh Hamas di Jalur Gaza dan meyakinkan mereka segala kemungkinan akan dilakukan untuk membebaskan warga yang diculik, karena ini adalah salah satu tujuan dari perang Israel.

“Upaya ini terus berlanjut dengan lebih agresif. Kami mengambil setiap kesempatan untuk membawa mereka pulang… Ini adalah bagian integral dari tujuan operasi yang kami tetapkan sebelumnya… Pekerjaan terus berlanjut, dan saya tidak yakin orang-orang menyadari dampaknya,” ungkap Netanyahu seperti dikutip dari kantornya.



Menurut Netanyahu, semakin banyak tekanan yang diberikan pada Hamas, semakin besar peluang untuk memulangkan para sandera.

Pasukan Pertahanan Israel mengatakan pada Sabtu bahwa tank, infanteri, dan unit teknik lapis baja Israel telah beroperasi di wilayah utara Gaza sejak Jumat pagi.

Kepala Staf Umum Israel Herzi Halevi mengatakan Israel mengirimkan prajurit terbaiknya di medan perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)