8 Negara Muslim Sunni yang Gencar Membantu Palestina

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 13:37 WIB
loading...
8 Negara Muslim Sunni yang Gencar Membantu Palestina
Ada 8 negara Muslim Sunni yang gencar membantu Palestina ketika berkonflik dengan Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada setidaknya delapan negara mayoritas Muslim Sunni yang gencar membantu Palestina selama berkonflik dengan Israel.

Bantuan yang diberikan bukanlah senjata, melainkan bantuan finansial dan dukungan untuk mewujudkan negara Palestina yang merdeka.

Sekadar diketahui, kepemimpinan Palestina hingga saat ini masih terpecah. Otoritas Palestina yang dipimpin faksi Fatah berkuasa atas Tepi Barat, sedangkan faksi Hamas berkuasa atau Jalur Gaza.

Saat ini, Hamas sedang berperang dengan Israel. Itu terjadi setelah kelompok perlawanan Palestina itu meluncurkan serangan mengejutkan, "Operasi Badai al-Aqsa", terhadap Israel pada 7 Oktober lalu. Lebih dari 1.400 orang tewas dan ratusan lainnya disandera.



Sebagai respons, Israel mendeklarasikan perang dengan nama sandi "Operasi Pedang Besi". Militer Zionis telah membombardir Gaza nyaris tanpa henti, menyebabkan lebih dari 7.000 orang tewas.

8 Negara Muslim Sunni yang Membantu Palestina

1. Arab Saudi

Kerajaan Arab Saudi telah lama menjadi pendukung kuat Palestina dan sering memberikan bantuan finansial kepada otoritas Palestina.

2. Yordania

Yordania adalah salah satu negara Arab yang memiliki perjanjian damai dengan Israel, tetapi mereka juga tetap mendukung perjuangan Palestina.

3. Mesir

Mesir, yang juga memiliki perjanjian damai dengan Israel, telah memainkan peran penting dalam berbagai upaya perdamaian di Timur Tengah, sambil tetap mendukung hak-hak Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)