China Resmi Memiliki Kapal Selam Bertenaga Nuklir yang Ditakuti AS dan Aliansinya

Rabu, 25 Oktober 2023 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Laporan tersebut mencatat bahwa tiga SSGN baru dapat beroperasi pada tahun depan, sebagai bagian dari perluasan armada kapal selamnya – baik bertenaga nuklir dan diesel – yang dapat berjumlah 65 kapal pada tahun 2025.

Kementerian pertahanan China tidak menanggapi pertanyaan dari Reuters.

Konfirmasi ini muncul di tengah perlombaan senjata kapal selam yang semakin intensif ketika China membangun generasi baru kapal bersenjata nuklir sebagai bagian dari kekuatan pencegahannya yang terus berkembang.

Upaya untuk melacak kapal selam China di laut adalah salah satu pendorong utama peningkatan pengerahan dan perencanaan darurat oleh Angkatan Laut AS dan militer lainnya di kawasan Indo-Pasifik.

Pakar keamanan yang berbasis di Singapura, Collin Koh, mengatakan SSGN adalah kemampuan baru yang penting bagi angkatan laut China.

Dengan persenjataan inti yang diharapkan berupa rudal jelajah, “hal ini berpotensi memungkinkan mereka untuk melakukan serangan darat dan anti-kapal dalam jarak yang sangat dekat”, katanya, yang akan mempersulit perhitungan strategis oleh pesaing China.

“Saya juga berharap China belajar dari pengalaman Rusia dalam menggunakan mereka untuk mengancam kapal induk AS – dengan SSGN, Anda dapat melancarkan serangan dalam jarak yang sangat jauh, tidak seperti kapal selam serang pada umumnya yang memiliki pilihan senjata yang lebih terbatas, dan itu adalah sebuah keuntungan nyata,” kata Koh, dari S. Rajaratnam School of International Studies.

Penelitian yang dibahas di US Naval War College pada bulan Mei mencatat bahwa PLA hampir mencapai terobosan dalam membuat kapal selam bertenaga nuklirnya jauh lebih senyap dan lebih sulit dilacak oleh AS dan sekutunya.

Namun, beberapa diplomat dan analis mengatakan bahwa tidak jelas apakah terobosan tersebut telah dimasukkan ke dalam SSGN yang baru diluncurkan. Peningkatan ini diharapkan terjadi pada kapal bertenaga nuklir yang diluncurkan sebelum akhir dekade ini.

“Kecuali mereka yakin akan adanya perbaikan, kita dapat memperkirakan angkatan laut PLA akan berhati-hati dalam mengerahkan kapal selam mereka,” kata atase militer Asia yang melacak kekuatan kapal selam China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)