8 Negara Timur Tengah yang Berdasarkan Hukum Islam

Rabu, 25 Oktober 2023 - 13:43 WIB
loading...
A A A
Hukum di Iran memang sangat ketat. Iran melarang tindakan seperti menghina Nabi, hubungan sesama jenis, perzinaan, meminum alkohol, maupun pelanggaran terkait obat-obatan terlarang.

Bahkan, Iran sering melakukan eksekusi terhadap para penjahat.

3. Yaman

Yaman memiliki beberapa provinsi yang menerapkan Syariah Islam, terutama di daerah-daerah yang dikuasai oleh kelompok-kelompok pemberontak.

4. Sudan

Sudan menerapkan Hukum Islam sejak awal 1980-an. Namun, sejak saat itu, ada beberapa perubahan dalam penerapannya.

5. Uni Emirat Arab

Hukum Islam atau Syariah Islam berlaku di negara ini untuk kasus pidana.

Sistem pengadilan di negara ini dari Pengadilan Syariah dan Pengadilan sipil.

Hukuman fisik yudisial adalah bentuk hukuman hukum di Uni Emirat Arab yang tunduk pada Pengadilan Syariah. Pencambukan digunakan di negara ini sebagai hukuman atas pelanggaran pidana seperti perzinaan, seks pranikah, dan prostitusi.

6. Qatar

Syariah Islam adalah sumber utama Konstitusi Qatar. Syariah Islam diterapkan pada hukum yang berkaitan dengan hukum keluarga, warisan, dan beberapa tindak pidana (termasuk perzinaan, perampokan dan pembunuhan).

Dalam beberapa kasus di pengadilan keluarga berbasis Syariah, kesaksian perempuan bernilai setengah kesaksian laki-laki dan dalam beberapa kasus, saksi perempuan tidak diterima sama sekali.

7. Mesir

Hukum Statuta Pribadi mulai diterapkan di Mesir tahun 1954. Hukum Statua Pribadi berdasarkan Syariah Islam dan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan warisan, perkawinan, perceraian, dan hak asuh anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)