Swedia Semakin Dekat dengan Keanggotaan NATO

Selasa, 24 Oktober 2023 - 17:32 WIB
loading...
A A A
Pengumuman tersebut mewakili perubahan mengejutkan bagi Erdogan, yang sebelumnya menyatakan Swedia hanya bisa bergabung dengan aliansi tersebut setelah Turki diterima di Uni Eropa.



Amerika Serikat (AS) menyambut baik berita bahwa Erdogan telah menandatangani dan mengirimkan protokol aksesi NATO Swedia ke parlemen Turki pada hari Senin.

“Jelas kami telah menyerukan ratifikasi aksesi Swedia selama beberapa waktu,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matt Miller.

“Kami berharap RUU itu dipertimbangkan di parlemen Turki dan disahkan sesegera mungkin,” katanya pada pengarahan departemen itu seperti dilansir dari CNN, Selasa (24/10/2023).

Tindakan Erdogan mewakili sebuah langkah maju dalam upaya Swedia untuk bergabung dengan NATO tetapi tidak berarti bahwa Swedia akan segera menjadi anggota aliansi berikutnya.

Hongaria juga belum memberikan suara untuk menyetujui keanggotaan Swedia. Menurut Reuters, pada bulan September, Perdana Menteri Hongaria mengatakan negaranya tidak terburu-buru untuk menyetujui tawaran Swedia.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)