10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Senin, 10 Agustus 2020 - 05:31 WIB
loading...
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia
Setiap orang pasti pernah mengalami kejadian memalukan di depan umum dalam hidupnya. Termasuk seorang pemimpin negara seperti presiden atau perdana menteri. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
SETIAP orang pasti pernah mengalami kejadian memalukan di depan umum dalam hidupnya. Termasuk seorang pemimpin negara seperti presiden atau perdana menteri.

Kejadian-kejadian unik apa saja yang pernah menimpa orang nomor satu di pemerintahan berbagai negara di dunia? Berikut sejumlah insiden yang mencoreng wajah pemimpin negara. (Baca juga: Protes Terhadap Politisi, dari Dilempar Sepatu hingga Telur)

1. Tukang Kebun Melintas di Depan Acara Resmi SBY
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Pembukaan acara ASEAN Fair 2011 di Nusa Dua, Bali, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diwarnai insiden jebolnya pengawasan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Seorang tukang kebun menggunakan sepeda ontel melintas di depan podium yang diduduki presiden.

Kepada petugas sang tukang kebun mengaku tidak tahu kalau Presiden SBY turut hadir dalam acara itu. Atas insiden ini, sang tukang kebun langsung diamankan Paspampres untuk dimintai keterangan. (Baca juga: Kenang Ibu Ani, SBY Ciptakan Tembang Jawa 'Gunung Limo')

2. PM Inggris Parkir Sembarangan
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Perdana Menteri Inggris David Cameron tidak memberi contoh yang baik dalam hal berlalu lintas. Dia pernah kepergok sedang parkir sembarangan. (Lihat foto: Inilah Kerusakan yang Disebabkan Ledakan Dahsyat di Beirut)

Cameron pernah memarkir Jaguar miliknya selama 3 jam 30 menit di pinggir jalan yang seharusnya hanya diperbolehkan memarkir kendaraan selama 30 menit saja. Padahal, Cameron memarkir mobil untuk bertemu dengan wakil pemimpin Oxfordshire County Council Rodney Rose guna membahas masalah transportasi.

Bila orang biasa, pengendara yang melanggar jam parkir biasanya dikena denda 100 pounds atau Rp1,49 jutaan. Aksi ini terjepret oleh kamera wartawan dan menyebar luas di media-media Inggris.

3. PM Australia Jatuh Tersungkur ke Tanah
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Mantan Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengalami insiden tak mengenakkan saat berkunjung ke India. Insiden ini melibatkan sepatu berhak tinggi yang dikenakannya.

Jika sebelumnya Gillard pernah kehilangan sebelah sepatunya, kini gara-gara hak sepatunya menancap di rumput, Gillard pun jatuh tersungkur di hadapan wartawan. Cukup memalukan, karena insiden ini menjadi headlines sejumlah surat kabar lokal di India dan media Australia.

Insiden ini terjadi usai Gillard memasangkan karangan bunga di monumen peringatan Gandhi di New Delhi pada17 Oktober 2013. (Baca juga: PM Australia terjerembab di makam Gandhi)

4. PM Serbia Dikerjai Presenter Seksi
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Perdana Menteri (PM) Serbia Ivica Dacic dikerjai dalam acara televisi Kroasia dengan rating dewasa. Saat diwawancarai seorang presenter seksi, Dacic tampak salah tingkah.

Dacic yang juga ketua Partai Sosialis ini tengah melakukan wawancara dan diskusi politik. Awalnya wawancara berjalan wajar. Namun di tengah wawancara, tiba-tiba si presenter yang mengenakan baju ketat mini dengan belahan dada rendah mengubah posisi duduknya. (Lihat grafis: Daftar Negara Resesi Akibat Corona, Dari Amerika Hingga Spanyol)

Saat inilah, Dacic bisa melihat dengan jelas pemandangan syur di depan matanya karena si presenter ternyata tidak mengenakan celana dalam. Ekspresi Dacic tertangkap jelas oleh kamera. Insiden ini diberitakan Daily Mail pada 1 Februari 2013

5. Presiden Ceko Ngutil Pena
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Presiden Ceko Vaclav Klaus menjadi sensasi internet di dunia setelah upayanya mengutil pena mahal di samping Presiden Chile Sebastian Pinera terekam jelas. Rekaman video insiden yang diposting di Youtube ini ditonton jutaan kali.

Insiden itu terjadi saat Klaus melakukan kunjungan kenegaraan ke Chile. Setelah meneken perjanjian kerja sama kedua negara, Presiden Chile Sebastian Pinera berpidato. Di saat itulah Klaus melirik pulpen keren yang baru saja digunakannya, lalu pelan-pelan memasukkan ke kantongnya. (Baca juga: Roman, Teleskop Luar Angkasa yang Jauh Lebih Hebat dari Hubble)

Sesekali dia tersenyum sebagai reaksi atas pidato Pereira, lalu dia mengancingkan jasnya seolah tidak terjadi apa-apa. Sungguh pemandangan yang memalukan.

6. PM Yunani Mengumpat di Televisi
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Insiden tak mengenakkan menimpa Perdana Menteri Yunani Antonis Samaras ketika sedang tampil di televisi. PM Samaras tertangkap kamera sedang mengumpat ketika hendak mengumumkan keringanan pajak. "F*ck me, benar-benar seperti banci," ujar PM Samaras merujuk pada dirinya sendiri, seperti dilansir AFP, Kamis, 18 Juni 2013.

Umpatan ini dilontarkan Samaras karena dirinya frustrasi ketika berlatih membaca pengumuman keringanan pajak tersebut. Pengumuman ini telah dinanti-nantikan oleh banyak pihak, terutama pelaku bisnis di Yunani.

7. Presiden Iran Dilempar Sepatu di Kairo
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Dalam kunjungan ke Ibu Kota Kairo, Mesir, mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad hampir dilempar dengan sepatu oleh seorang warga diduga berasal dari Suriah. Situs Huffington Post melaporkan, Rabu, 6 Februari 2012, pemuda itu menyerang Ahmadinejad di depan masjid Al-Hussein di Kairo.

Insiden itu terekam oleh kantor berita Anadolu Turki. Aksi pelemparan sepatu itu untungnya tidak mengenai Ahmadinejad tapi salah justru seorang pengawalnya. Pelaku dilaporkan berdialek Suriah dan pihak keamanan sudah meringkusnya.

Dia meneriakkan slogan anti Iran dan mendukung pemerintah Suriah. (Baca juga: Ahmadinejad Surati Putra Mahkota Saudi Tawarkan Kerjasama di Yaman)

8. Wartawan Irak Lempar Sepatu ke Presiden Bush
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Kunjungan mendadak Presiden Amerika George W Bush ke Irak pada Desember 2008 dibayangi sebuah insiden memalukan ketika Bush dilempar dua sepatu dalam acara jumpa pers.

Dilansir BBC Desember 2012, sorang wartawan Irak diamankan oleh para pengawal setelah dia memanggil Bush "seekor anjing" dan melempar sepatunya, namun tidak mengenai Bush. Sol sepatu dianggap sebagai hinaan terburuk dalam budaya Arab. (Baca juga: Lempar Sepatu ke Presiden Bush, Ini Pengakuan Wartawan Irak)

9. PM Italia Asyik Telepon saat Disambut Pejabat Lain
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Awal April 2009 lalu, berbagai media internasional ramai membahas KTT NATO di Strasbourg dan Kehl, Prancis. Namun, dari semua berita terkait dengan hasil KTT, ada satu momen yang paling lucu dan membekas di ingatan para pejabat NATO.

Momen lucu KTT Strasbourg–Kehl 2009 bersumber dari tingkah konyol Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi. Menurut rencana, sesaat setelah turun dari mobil kepresidenan, 'seharusnya' langsung menjabat tangan Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Namun, pada kenyataannya, Berlusconi malah menerima telepon dan beralih ke tepian sungai. Berlusconi bahkan berbicara di telepon cukup lama. Padahal Merkel sedari tadi sudah menunggu di karpet merah. Melihat tingkah Berlusconi, Kanselir Jerman ini terlihat mati kutu dan bingung. (Baca juga: Hilangnya Zaman Keemasan Berlusconi)

10. PM Pakistan Garuk Selangkangan
10 Insiden Lucu Sekaligus Memalukan yang Mencoreng Muka Pemimpin Dunia

Semua pasti setuju jika manusia di dunia ini pernah setidaknya sekali menggaruk kelamin lantaran gatal. Tapi kita juga setuju jika menggaruk area pribadi adalah hal yang cukup memalukan untuk dilakukan di depan orang. Apalagi dilakukan seorang pemimpin negara. Inilah yang dialami mantan Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif.

Dalam video yang berhasil diabadikan oleh media, dalam sesuatu kesempatan terlihat Sharif menggaruk-garuk kelaminnya berulang kali. Sharif bahkan terlihat sangat frontal saat melakukannya. Mungkin mantan penguasa Pakistan ini sudah tidak tahan dengan rasa gatal yang melanda area selangkangannya. (Baca juga: Mantan PM Pakistan Sharif Divonis Tujuh Tahun Penjara)

Sumber: www.listverse.com
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)