Saling Menyalahkan atas Kegagalan Perang Gaza, PM Netanyahu Berkonflik dengan Militer Israel

Senin, 23 Oktober 2023 - 17:38 WIB
loading...
Saling Menyalahkan atas Kegagalan Perang Gaza, PM Netanyahu Berkonflik dengan Militer Israel
PM Israel Benjamin Netanyahu berkonflik dengan militer. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berusaha melepaskan diri dari tanggung jawab atas kegagalan memprediksi serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober. Itu memecah belah hubungan antara Netanyahu dengan militer.

Surat kabar Haaretz melaporkan Netanyahu melancarkan kampanye untuk menyalahkan tentara Israel. Haaretz mengutip seorang pejabat militer yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan, "Netanyahu mengatur kampanye, mengumpulkan bukti-bukti yang memberatkan tentara, dan secara pribadi menjelaskan mengapa dia tidak harus bertanggung jawab. Dia terus menegaskan bahwa dia tidak menerima informasi intelijen."

Haaretz mengatakan Netanyahu menunjuk juru bicara untuk berkoordinasi dengan koresponden militer Israel hanya empat hari setelah dimulainya perang. “Eli Feldstein sebelumnya menjabat sebagai juru bicara Divisi Angkatan Darat Tepi Barat, yang membuatnya akrab dengan koresponden militer. Ia kemudian menjadi juru bicara Menteri Keamanan Nasional, Itamar Ben-Gvir,” katanya.



Beberapa sumber dilaporkan menggambarkan penunjukan tersebut sebagai hal yang tidak biasa, terutama pada masa perang ketika menteri pertahanan dan kepala staf biasanya terus berkomunikasi dengan koresponden militer.

Jumat lalu, situs berita Israel Walla melaporkan bahwa Netanyahu "secara aktif berupaya membangun argumennya melawan tentara."

Walla mengutip sumber-sumber yang dekat dengan perdana menteri yang mengatakan bahwa "istrinya, Sara, memintanya untuk mengumpulkan semua komunikasi publik dan rahasia dari pertemuan Kabinet Keamanan dan diskusi mengenai masalah pertahanan."

Dia juga memintanya untuk mengumpulkan semua kutipan dari pejabat senior dan mantan pejabat pertahanan yang mencerminkan penilaian intelijen yang salah mengenai kemampuan dan niat Hamas.



Haaretz mencatat bahwa sejak dimulainya perang, Netanyahu telah bertemu dengan berbagai kepala media di Israel untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Laporan tersebut juga mengutip seorang menteri yang tidak disebutkan namanya dari Partai Likud yang mengatakan: "Siapapun yang berpikir bahwa mereka dapat lepas dari tanggung jawab atas kegagalan paling parah sejak berdirinya negara ini adalah melakukan kesalahan serius."

Mengacu pada kemungkinan pembubaran pemerintahan saat ini setelah perang, menteri tersebut mengatakan, nasib pemerintahan ini ditentukan pada 7 Oktober, sama seperti nasib Partai Likud juga ditentukan pada Sabtu Hitam itu sebelumnya.

“Mereka yang berusaha menghindari tanggung jawab mereka hanya akan memperburuk situasi mereka jika masyarakat Israel menahan amarahnya,” tambahnya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)