Gaza Jadi Medan Aksi Jet Tempur Siluman F-35, F-16, dan F-15 Israel

Senin, 23 Oktober 2023 - 15:08 WIB
loading...
A A A
Armada F-35I Adir yang sangat disesuaikan juga digunakan, menurut foto dan beberapa bingkai video yang diterbitkan oleh IAF.

Meski armada F-35I lebih kecil dibandingkan armada lainnya, pesawat generasi ke-5 tetap dapat memberikan kontribusi besar dalam operasi berkat berbagai kemampuan canggih yang dimilikinya.

Pesawat ini beroperasi tanpa ruang eksternal dan kemungkinan masing-masing dipersenjatai dengan dua bom GBU-31(V)1 JDAM.

Aset lain yang banyak digunakan dalam serangan Israel ke Gaza adalah AH-64, yang beroperasi baik sebagai AH-64A Peten dan AH-64D Saraph.

Dalam foto-foto yang dirilis sejauh ini, helikopter-helikopter tersebut tampak biasanya dilengkapi dengan tangki bahan bakar eksternal dan rudal AGM-114 Hellfire, selain senjata rantai M230 yang ada di dalamnya. Beberapa foto yang dirilis tidak menunjukkan penggunaan rudal lokal Spike.

Meskipun tidak dalam peran tempur, UH-60 Yanshuf dan CH-53 Yas’ur juga banyak digunakan. Padahal, dua jenis helikopter tersebut terlihat terlibat dalam misi MEDEVAC untuk membantu mengevakuasi ribuan orang yang terluka setelah dimulainya serangan pada 7 Oktober, serta misi pengangkutan pasukan.

Bertentangan dengan beberapa judul click-bait dari media Italia, Israel tidak menggunakan M-346 Lavi dalam pertempuran.

Faktanya, pesawat tersebut adalah pesawat latih dan tidak diizinkan untuk memuat senjata aktif, dengan satu-satunya muatan yang diizinkan adalah tangki bahan bakar eksternal dan bom latihan BDU-33 25 lb (inert). Satu-satunya varian M-346 yang mampu memuat senjata adalah M-346FA yang lebih baru, namun tidak beroperasi di Israel.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)