Gempa Hantam Pulau di Italia, Satu Tewas dan 25 Terluka

Selasa, 22 Agustus 2017 - 13:16 WIB
Gempa Hantam Pulau di Italia, Satu Tewas dan 25 Terluka
Gempa Hantam Pulau di Italia, Satu Tewas dan 25 Terluka
A A A
ROMA - Gempa berkekuatan 4,0 skala Richter menghantam pulau Ischia, Italia yang penuh dengan turis, di lepas pantai Napoli, Senin malam. Sedikitnya satu orang tewas dan melukai sekitar 25 lainnya karena sejumlah bangunan roboh.

Dikutip dari Reuters, Selasa (22/8/2017), warga dan turis di pulau itu lari ke jalan-jalan dari rumah dan hotel. Gambar televisi menunjukkan bahwa sekitar enam bangunan di kota Casamicciola serta sebuah gereja runtuh dalam gempa tersebut.

Institut Nasional Ilmu Geofisika dan Vulkanologi Italia (INGV) menempatkan kekuatan gempa di 4,0 skala Richter. Namun Survei Geologi AS (USGS) dan badan gempa Eropa, EMSC, memperkirakan besarannya di angka 4,3 skala Richter.

Pejabat Departemen Perlindungan Sipil Lokal, Giovanni Vittozzi mengatakan, seorang wanita tewas saat dia terkena batu bata dari sebuah gereja. Petugas saat ini juga tengah memeriksa laporan tentang korban lainnya.

Helikopter dan kapal feri membawa lebih banyak pekerja penyelamat dari daratan.

Roberto Allocca, seorang dokter dari sebuah rumah sakit setempat, mengatakan kepada televisi Sky TG24 bahwa sekitar 25 orang telah dirawat karena luka ringan. Sebagian besar pasien rumah sakit telah dievakuasi dan yang terluka dirawat di luar.

Beberapa regu perlindungan sipil sudah ada di pulau itu karena adanya sejumlah api.

Laporan televisi mengatakan bangunan yang roboh tampaknya bangunan berpenghuni dan sekitar 10 orang masih belum ditemukan.

Gempa tersebut melanda beberapa hari sebelum ulang tahun pertama sebuah gempa besar yang menewaskan hampir 300 orang di Italia tengah, kebanyakan di kota Amatrice.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4604 seconds (0.1#10.140)