Israel Nekat Serang Gaza Lewat Darat, Hizbullah Bersumpah Akan Bertindak

Minggu, 22 Oktober 2023 - 11:48 WIB
loading...
A A A
“Kami memberi tahu mereka yang menghubungi kami, 'Hentikan agresi (Israel) sehingga dampak (konflik) dan kemungkinan perluasannya berhenti,'” imbuh Kassem, merujuk pada para pejabat yang baru-baru ini mengunjungi Beirut, termasuk menteri luar negeri Perancis dan Jerman.

Baku tembak di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel meningkat dalam dua minggu sejak serangan kelompok militan Palestina Hamas yang menewaskan lebih dari 1.400 warga sipil dan tentara di Israel selatan. Sedangkan serangan balasan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 4.000 warga Palestina.



Ada kekhawatiran bahwa Hizbullah yang didukung Iran, yang memiliki persenjataan yang terdiri dari puluhan ribu roket dan rudal serta berbagai jenis drone, mungkin mencoba membuka front baru dalam perang Israel-Hamas dengan serangan skala besar di Israel utara.

Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan bahwa sebuah pesawat tak berawak Israel menembakkan rudal ke sebuah lembah di daerah Sejoud, sekitar 20 kilometer utara perbatasan Israel. Hizbullah tidak segera mengkonfirmasi serangan tersebut, namun jika benar serangan tersebut akan menandai peningkatan besar karena letaknya jauh di dalam Lebanon dan jauh dari perbatasan.

Hizbullah mengatakan para pejuangnya menyerang beberapa posisi Israel dan juga menargetkan pasukan infanteri Israel, “mencetak serangan langsung.”

Kantor Berita Nasional milik pemerintah Lebanon melaporkan penembakan Israel di beberapa desa dan mengatakan sebuah mobil terkena serangan langsung di desa Houla. Pada Sabtu malam, tembakan meningkat di sekitar pos militer Israel di seberang desa Yaroun, Lebanon.

Hizbullah mengatakan enam pejuangnya tewas pada hari Sabtu, meningkatkan total militan Lebanon yang terbunuh menjadi 19 sejak 7 Oktober.

Juru bicara militer Israel Avichay Adraee mengatakan sekelompok pria bersenjata menembakkan peluru ke Israel dan sebuah drone Israel diluncurkan kembali ke arah mereka. Sebuah pesawat tak berawak juga dikirim setelah sekelompok pria bersenjata lainnya melepaskan tembakan ke arah kota Margaliot di Israel.

“Tembakan langsung terjadi pada kedua serangan tersebut,” Adraee memposting di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0738 seconds (0.1#10.140)