Perang Berkobar di Perbatasan Lebanon-Israel, 10 Pejuang Hizbullah Tewas

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 20:12 WIB
loading...
Perang Berkobar di Perbatasan Lebanon-Israel, 10 Pejuang Hizbullah Tewas
Israel terlibat konflik dengan Hizbullah di dekat perbatasan Lebanon. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Bentrokan meletus pada beberapa hari terakhir di sepanjang perbatasan Lebanon -Israel yang menyebabkan lima pejuang Hizbullah tewas. Itu menandai jumlah korban terbesar bagi kelompok pejuang Islam tersebut dalam satu hari ketika ketegangan dengan Israel meningkat.

Pasukan Israel dan kelompok bersenjata di Lebanon telah terlibat dalam serangkaian pertempuran kecil sejak pecahnya perang terbaru di Gaza antara militer Israel dan kelompok militan Hamas. Hizbullah telah mengumumkan kematian 10 pejuang sejak bentrokan dimulai.

Kepala Staf militer Israel Herzi Halevi mengancam bahwa Israel akan membalas secara agresif jika Hizbullah meningkat.

“Ini adalah perang di dalam negeri,” kata Halevi setelah bertemu dengan pasukan Israel di dekat perbatasan utara dengan Lebanon. “Jika Hizbullah melakukan kesalahan, maka mereka akan dimusnahkan.”



Hizbullah menghancurkan kamera pengintai Israel di sepanjang perbatasan Lebanon saat ketegangan meningkat.

Eskalasi ini terjadi di tengah kekhawatiran bahwa perang dapat menyebar ke Lebanon, tempat Hizbullah menyatakan dukungan kuatnya kepada kelompok militan Palestina, Hamas. Israel menganggap kelompok bersenjata berat di Lebanon merupakan ancaman yang lebih besar daripada Hamas. Sejauh ini, pertukaran artileri antara Hizbullah dan Israel terbatas pada beberapa kota di sepanjang perbatasan.

Israel mengancam jika Hizbullah membuka front baru, seluruh Lebanon akan menanggung akibatnya.

Israel dan Hizbullah berperang selama sebulan pada tahun 2006 yang berakhir seri. Sejak itu, terlepas dari bentrokan terbatas dan peningkatan retorika, kualitas militer Hizbullah telah meningkat secara signifikan, dan menjadi aktor militer utama di Suriah, Irak, dan wilayah lain di kawasan ini.

Komunitas internasional telah berupaya keras untuk mencegah perang meluas ke Lebanon, dan mungkin ke seluruh kawasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)