Gambaran Mengerikan Jika Iran Terlibat Langsung Perang Israel-Hamas

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 17:55 WIB
loading...
Gambaran Mengerikan Jika Iran Terlibat Langsung Perang Israel-Hamas
Perang Israel-Hamas akan semakin mengerikan jika Iran ikut terseret. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Ilmuwan politik terkenal dan pendiri Eurasia Group, Ian Bremmer, memberikan gambaran mengerikan jika Iran ikut terseret dalam perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, kelompok perlawanan Palestina di Gaza.

Dalam sebuah wawancara dengan NDTV, Sabtu (21/10/2023), Bremmer mengatakan bahwa perang tersebut dapat memicu konflik Timur Tengah yang lebih luas dan lebih dahsyat jika Iran terlibat langsung.

“Sangat mungkin Hizbullah yang memiliki kemampuan militer lebih baik dan didukung oleh Iran dapat terlibat langsung dalam pertempuran tersebut,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa invasi darat Israel ke Gaza–yang tidak dapat dihindari–akan mempunyai dampak global yang sangat besar.



"Perang darat akan terjadi. Ini adalah ide yang buruk karena berbagai alasan. Ini akan membunuh sejumlah besar warga sipil Palestina, itu akan dilakukan dalam waktu singkat atau tanpa bantuan bagi warga Palestina untuk mengungsi. Ini akan menimbulkan reaksi balik dari seluruh dunia,” katanya.

Ketika ditanya apakah dia memperkirakan konflik Israel-Palestina akan meluas menjadi konflik regional, Bremmer mengatakan bahwa ini bukan Perang Dunia III, namun gagasan bahwa perang tetap di Gaza adalah "terlalu khayalan".

“Ini bukan Perang Dunia III. Rusia dan China tidak akan terlibat langsung dalam perang ini. Namun gagasan untuk tetap membatasi Gaza adalah terlalu khayalan,” katanya.

“Kami telah melihat serangan pesawat tak berawak terhadap pangkalan dan peralatan militer Amerika Serikat di wilayah tersebut. Kami telah melihat beberapa serangan di perbatasan utara Israel dengan serangan Hizbullah. Beberapa serangan kecil juga bisa menjadi lebih besar. Kami telah melihat puluhan warga Palestina terbunuh dalam serangan di Tepi Barat. Pemukim Israel belum terlibat dalam kekerasan tersebut tetapi kekerasan ini dapat dengan mudah menyebar,” kata pendiri Eurasia Group tersebut.

Berbicara mengenai dampak ekonomi dari perang Israel-Gaza, Bremmer mengatakan bahwa dampak tersebut “dapat diabaikan” kecuali Iran ikut terlibat.

“Invasi Rusia ke Ukraina mempunyai dampak ekonomi yang sangat besar. Dalam kasus Israel, perekonomiannya sangat kecil,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)