Militer Iran Ingatkan Aktor Lain Akan Terlibat dalam Perang Gaza

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 21:21 WIB
loading...
Militer Iran Ingatkan Aktor Lain Akan Terlibat dalam Perang Gaza
Perang di Gaza menjadi perhatian serius Iran. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Seorang pejabat senior militer Iran telah memperingatkan bahwa ada kemungkinan “aktor lain” terlibat dalam perang di Jalur Gaza . Itu terjadi jika Israel tidak menghentikan kejahatan mengerikan yang dilakukannya di jalur pantai tersebut.

Mayor Jenderal Mohammad Hossein Bagheri, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, menyampaikan peringatan tersebut dalam percakapan telepon dengan menteri pertahanan Qatar dan Rusia.

“Berlanjutnya kejahatan rezim Zionis dan dukungan langsung serta dukungan dari negara-negara tertentu akan semakin memperumit situasi dan dapat membuat aktor lain ikut campur dalam arena ini,” kata Jenderal Bagheri kepada Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, dilansir kantor berita Tasnim.

Tidak jelas siapa aktor tersebut, apakah militer Iran sendiri atau Hizbullah yang dikenal memiliki kedekatan dengan Iran.

Dalam pembicaraan telepon dengan Menteri Pertahanan Qatar, Bagheri juga menekankan bahwa diamnya dunia Islam dalam menghadapi kekejaman Israel tidak dapat dibenarkan.



Dalam dua seruannya, panglima militer Iran mengatakan komunitas internasional perlu mengambil langkah segera untuk menghentikan pembantaian Israel di Gaza dan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang yang terkepung.

Rezim pendudukan Israel telah memutus pasokan air, makanan, obat-obatan dan bahan bakar ke Gaza sejak 7 Oktober, ketika kelompok perlawanan Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel di wilayah pendudukan.

Jenderal senior tersebut juga mengecam AS karena memerintahkan operasi kriminal Israel terhadap warga Gaza, dan menyerukan larangan penyebaran senjata dan peralatan dari pangkalan regional AS ke wilayah pendudukan Palestina.

Pemboman Israel di Gaza menewaskan 307 warga Palestina dalam 24 jam hingga Kamis malam, lapor PBB, sehingga jumlah korban tewas sejak Israel menyatakan perang terhadap wilayah kantong Palestina menjadi 3.785 – di antaranya setidaknya 1.524 adalah anak-anak dan 1.444 perempuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)