Kirim 3 Surat, Singapura Ucapkan Selamat Hari Merdeka Indonesia

Kamis, 17 Agustus 2017 - 12:14 WIB
Kirim 3 Surat, Singapura Ucapkan Selamat Hari Merdeka Indonesia
Kirim 3 Surat, Singapura Ucapkan Selamat Hari Merdeka Indonesia
A A A
SINGAPURA - Para pemimpin Singapura menulis surat kepada para pemimpin Indonesia, khususnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka mengucapkan selamat kepada Indonesia yang memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-72 tahun pada hari ini (17/8/2017).

Ada tiga surat dari para pemimpin Singapura yang dirilis Kementerian Luar Negeri (MFA) negara itu pada Rabu kemarin. MFA juga menandai ulang tahun ke-50 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Singapura.

Tiga surat dari Singpura itu antara lain surat Presiden Tony Tan Keng Yam kepada Presiden Jokowi. Surat kedua dari Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang juga ditujukan kepada Jokowi. Sedangkan surat ketiga dari Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan untuk Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Berikut ketiga surat para pemimpin Singapura kepada pemimpin Indonesia yang dikutip dari Channel News Asia.

Surat dari Presiden Tony Tan Keng Yam

Yang Mulia H. Joko Widodo
Presiden
Republik Indonesia

Yang Mulia,
Atas nama orang-orang Singapura, saya ingin mengucapkan selamat kepada Yang Mulia dan Rakyat Republik Indonesia pada kesempatan yang baik di Hari Kemerdekaan ke-72 RI.

Singapura dan Indonesia berbagi persahabatan yang erat dan bertahan lama. Tahun ini istimewa bagi kedua negara saat kami memperingati 50 tahun hubungan diplomatik. Hubungan bilateral antara kedua negara kita kuat dan multi-faceted, didukung oleh pertukaran politik yang terus-menerus dan hubungan ekonomi yang kuat. Sebagai anggota pendiri ASEAN, Singapura dan Indonesia juga bekerja sama untuk memajukan kepentingan bersama di wilayah kami.

Saya berbesar hati bahwa hubungan antara kedua bangsa kita tumbuh dengan mantap, didukung oleh pertukaran pendidikan, budaya dan pemuda secara reguler. Seiring kita melihat ke depan untuk masa depan hubungan bilateral, saya yakin bahwa generasi muda di Singapura dan Indonesia akan membawa hubungan yang kuat antara kedua negara kita ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Semoga Anda sehat dan sukses terus dalam usaha Anda untuk membawa pertumbuhan dan kemakmuran bagi Indonesia.

Salam hormat,

Tony Tan Keng Yam

Surat dari Perdana Menteri Lee Hsien Loong

Presiden Jokowi yang terhormat,

Selamat atas kesempatan menggembirakan Hari Kemerdekaan ke-72 RI!

Indonesia telah mengalami perubahan besar dan membuat kemajuan yang luar biasa sejak kemerdekaannya pada tahun 1945. Di bawah kepengurusan Anda, Indonesia menikmati pertumbuhan ekonomi dan stabilitas, dan memainkan peran kepemimpinan yang kuat di tingkat regional dan internasional. Anda telah mengambil langkah berani untuk memperbaiki kehidupan masyarakat Indonesia dengan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan keterampilan, memperbaiki proses bisnis, dan meningkatkan pembangunan infrastruktur. Saya yakin Indonesia akan terus berkembang dan berkembang di tahun-tahun mendatang.

Indonesia adalah mitra dekat dan penting untuk Singapura. Kami bekerja sama dalam berbagai bidang untuk saling menguntungkan kedua bangsa kita, termasuk perdagangan, investasi, pariwisata, keamanan dan pertahanan. Tahun ini sangat penting saat kami memperingati ulang tahun ke-50 hubungan bilateral. Tema "RISING50" mencerminkan kepercayaan diri kita bahwa kemitraan erat antara kedua negara kita akan terus berkembang demi generasi yang akan datang.

Saya senang bahwa para menteri dan pejabat kami telah membuat kemajuan dalam beberapa prakarsa bilateral yang telah kami bahas di Semarang tahun lalu, termasuk Kendal Industrial Park, kerjasama energi, dan pengembangan pariwisata. Saya berharap dapat menjamu Anda di Singapura untuk Retret Leader bulan depan, dan melanjutkan diskusi bermanfaat kami tentang bagaimana memperkuat kerja sama kami dan membawa hubungan bilateral kami ke tempat yang lebih tinggi.

Saya harap Anda terus sehat dan bahagia.

Salam hormat

Lee Hsien Loong

Surat dari Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan

Yang Mulia Retno L.P. Marsudi
Menteri Luar Negeri
Republik Indonesia

Dear Ibu Retno,

Saya ingin menyampaikan ucapan selamat saya yang paling hangat pada Hari Kemerdekaan ke-72 RI.

Indonesia memiliki banyak hal untuk merayakannya pada kesempatan yang menggembirakan ini. Indonesia merupakan mesin pertumbuhan ekonomi di wilayah kita dan pemain aktif di masyarakat internasional. Indonesia juga terus memainkan peran penting dalam kepemimpinan ASEAN.

Hubungan bilateral kita telah tumbuh dari kuat ke sangat kuat selama bertahun-tahun. Kami memiliki hubungan jangka panjang yang didukung oleh hubungan historis dan budaya yang kuat. Awal tahun ini, ketika kami bersama-sama meluncurkan perayaan untuk “RISING50”—ulang tahun ke-50 hubungan diplomatik—saya berbicara mengenai kepercayaan strategis antara kedua negara, dan saya percaya inilah kepercayaan yang telah mendukung kolaborasi luas kami di banyak bidang termasuk perdagangan dan investasi, keamanan, pertahanan, pendidikan dan kebudayaan.

Saya juga apresiasi kerjasama yang kuat kami di ASEAN, di mana kita berbagi kepentingan bersama dalam perdamaian dan stabilitas wilayah kita. Ketika kita merenungkan prestasi bilateral kita selama 50 tahun terakhir, saya yakin kita dapat menggali lebih banyak kesempatan baru untuk bekerja sama untuk saling menguntungkan bangsa kita. Saya berharap dapat terus bekerja sama dengan Anda untuk memperluas dan memperdalam hubungan kami sebagai mitra terpercaya, secara bersama-sama.

Saya berharap Anda selalu sehat dan sukses terus.

Salam hormat,
DR Vivian Balakrishnan
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4395 seconds (0.1#10.140)