Menhan Israel Ungkap 3 Strategi Perang Gaza Melawan Hamas

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 19:05 WIB
loading...
Menhan Israel Ungkap 3 Strategi Perang Gaza Melawan Hamas
Israel sudah mempersiapkan tiga skenario melawan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan perang akan dibagi dalam tiga tahap. Itu menjadi sinyal kalau Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan meluncurkan serangan darat ke Gaza.

Fase pertama, kata Gallant, adalah “kampanye militer dengan tembakan dan kemudian dengan manuver taktis, yang tujuannya adalah untuk membunuh para agen dan merusak infrastruktur” untuk menghancurkan Hamas.

Setelah itu, kata Gallant dalam pertemuan Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan, intensitas pertempuran akan berkurang.

"Tahap terakhir dari konflik ini akan mencakup pembentukan rezim keamanan baru di Jalur Gaza, penghapusan tanggung jawab Israel atas kehidupan di Jalur Gaza dan penciptaan realitas keamanan baru bagi warga Israel," katanya dilansir Al Jazeera.



Komentarnya muncul sehari setelah menteri pertahanan mengatakan kepada pasukan Israel yang berkumpul di dekat pagar Gaza bahwa mereka akan segera melihat daerah kantong yang terkepung “dari dalam”.

Kemudian, juru bicara IDF Letkol Peter Lerner mengungkapkan, Israel sadar bahwa tanggapannya terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober dapat memicu konflik regional yang lebih luas, yang bisa menjadi “tantangan besar."

"IDF perlu bersiap menghadapi hal itu,” kata Letkol Peter Lerner kepada CNN pada hari Jumat. Dia mencatat bahwa militer telah memanggil sekitar 300.000 tentara cadangan untuk bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya konflik yang lebih luas.”

Lerner mengatakan bahwa meskipun pasukan cadangan akan fokus di Gaza, IDF telah memperkuat pasukannya di sepanjang perbatasan utara dengan Lebanon di mana Hizbullah, sebuah gerakan Islam yang didukung Iran, semakin bentrok dengan Israel. militer selama seminggu terakhir.

Pada hari Jumat, Kementerian Pertahanan Israel mengatakan setidaknya 23.000 penduduk Kiryat Shmona, yang terletak di dekat perbatasan Lebanon, telah diminta untuk mengungsi selain rencana sebelumnya untuk mengevakuasi 28 komunitas yang tinggal dalam jarak 2 kilometer dari perbatasan Lebanon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)