5 Alasan Yerusalem dan Tepi Barat Akan Menjadi Front Ketiga dalam Perang Gaza

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 21:35 WIB
loading...
5 Alasan Yerusalem dan Tepi Barat Akan Menjadi Front Ketiga dalam Perang Gaza
Tepi Barat dan Yerusalem akan menjadi front perlawanan ketiga bagi Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Ramallah, Tepi Barat yang diduduki Israe menarik perhatian dunia tertuju pada pemboman brutal Israel di Jalur Gaza selama dua minggu terakhir. Pembunuhan terhadap sedikitnya 76 warga Palestina oleh pasukan Israel pada periode yang sama hampir tidak menjadi berita utama.

Lebih dari 3.500 warga Palestina, termasuk lebih dari 1.000 anak-anak, tewas dalam serangan paling mematikan Israel di Gaza, yang dimulai pada 7 Oktober.

Di Tepi Barat yang diduduki, di mana pasukan Israel membunuh rata-rata satu warga Palestina setiap hari selama dua tahun terakhir, jumlah tersebut meningkat secara drastis sejak peristiwa tersebut terjadi.

Setidaknya 76 warga Palestina telah terbunuh, termasuk delapan orang yang dibunuh oleh pemukim bersenjata, di Tepi Barat dan Yerusalem ketika eskalasi terbaru antara Israel dan Palestina dimulai.

Serangan tentara Israel ke kota-kota dan desa-desa Palestina juga meningkat tajam, seiring dengan konfrontasi dan protes terhadap pemboman di Gaza.

Ketegangan juga meningkat dengan Otoritas Palestina (PA), yang memiliki kontrol administratif terbatas atas sebagian kecil wilayah Tepi Barat yang diduduki dan dipandang oleh banyak orang sebagai subkontraktor pendudukan Israel.

Apa yang terjadi di Tepi Barat dan Yerusalem yang diduduki? Berikut adalah 5 alasan Tepi Barat dan Yerusalem akan Menjadi Front Ketiga dalam Perang Gaza.

1. 5 Warga Palestina di Yerusalem dan Tepi Barat Dibunuh Israel Setiap Hari

5 Alasan Yerusalem dan Tepi Barat Akan Menjadi Front Ketiga dalam Perang Gaza

Foto/Reuters

Sejak itu, tentara Israel meningkatkan serangan mematikannya setiap hari di lingkungan, desa, dan kota Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki, tempat tinggal lebih dari tiga juta warga Palestina. Pembunuhan warga oleh pemukim bersenjata juga meningkat.

Serangan-serangan ini telah menyebabkan rata-rata lima warga Palestina terbunuh setiap hari di wilayah tersebut sejak 7 Oktober. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan pada hari Rabu bahwa lebih dari 1.300 orang terluka sejauh ini.

Antara Rabu malam dan Kamis sore, pasukan dan pemukim Israel telah membunuh sedikitnya 12 orang, termasuk empat anak-anak, dan melukai puluhan lainnya dengan peluru tajam.

Pasukan Israel melakukan serangan besar-besaran di kamp pengungsi Nur Shams di Tulkarem pada hari Kamis, menewaskan sedikitnya tujuh warga Palestina dan menyebabkan kerusakan parah.

“Kami memiliki indikasi bahwa ada korban lain yang belum dapat dijangkau oleh ambulans,” katanya.

Sebelumnya pada hari Kamis, tentara Israel membunuh dua anak, yang keduanya ditembak di kepala selama konfrontasi.

Kementerian Kesehatan mengidentifikasi mereka sebagai Taha Mahameed yang berusia 15 tahun, juga dibunuh di kamp pengungsi Nur Shams, dan Ahmad Muneer Sdooq yang berusia 17 tahun, terbunuh di kamp pengungsi Dheisheh di Bethlehem.

2. Terjadi Penangkapan Massal Warga Palestina

5 Alasan Yerusalem dan Tepi Barat Akan Menjadi Front Ketiga dalam Perang Gaza

Foto/Reuters

Pasukan Israel juga telah menangkap sedikitnya 850 warga Palestina dalam penggerebekan di Tepi Barat dan Yerusalem selama 13 hari terakhir, termasuk setidaknya 120 orang pada Rabu malam. Jumlah ini belum termasuk ratusan warga Palestina lainnya, termasuk buruh, dari Gaza yang ditangkap di wilayah Israel.

Meningkatnya kekerasan telah memicu protes dan konfrontasi sporadis dan terorganisir terhadap Otoritas Palestina (PA) di pusat kota Tepi Barat dan pasukan Israel di pos pemeriksaan, pangkalan militer, dan permukiman.

Protes meningkat secara drastis setelah pemboman halaman rumah sakit di Gaza pada Selasa malam yang menewaskan 471 orang, dalam apa yang digambarkan sebagai pembantaian dan memicu kemarahan seluruh dunia. Warga Palestina menyalahkan Israel atas pemboman rumah sakit tersebut, sementara Israel menyalahkan kelompok bersenjata.

Gambar dan video yang disiarkan oleh para jurnalis di tempat kejadian menunjukkan banyak sekali mayat berserakan di tanah dan orang-orang membawa anggota tubuh orang-orang tercinta mereka yang terbunuh di dalam tas, pada hari ke-12 pemboman Israel yang tiada henti di Gaza.

Sekitar 70 persen dari mereka yang terbunuh adalah perempuan dan anak-anak, kata kementerian kesehatan pada hari Rabu, dan setidaknya 314 lainnya masih terluka, termasuk 22 orang dalam kondisi kritis.

3. Otoritas Palestina Mandul

5 Alasan Yerusalem dan Tepi Barat Akan Menjadi Front Ketiga dalam Perang Gaza

Foto/Reuters

Pada malam terjadinya serangan terhadap rumah sakit tersebut, ribuan orang melakukan protes di kota-kota Tepi Barat yang diduduki, yang ditindak oleh Otoritas Palestina dengan peluru tajam, gas air mata, dan granat kejut.

Seorang gadis muda Palestina, Razan Nasrallah yang berusia 12 tahun, ditembak dan dibunuh oleh pasukan keamanan PA di kota Jenin di utara, dan puluhan lainnya terluka, termasuk setidaknya satu orang dalam kondisi kritis.

Di Ramallah, dimana PA bermarkas, para pengunjuk rasa melemparkan batu, kursi dan barang-barang lainnya ke kendaraan lapis baja PA untuk mencoba membubarkan mereka.

Nyanyian yang paling umum dalam protes adalah: “Letakkan pedang di depan pedang, kami adalah orang-orang Mohammed Deif,” mengacu pada komandan sayap militer Hamas, Brigade Qassam, namun protes pada hari Selasa juga mencakup seruan untuk PA. Presiden Mahmoud Abbas akan mundur.

PA dibentuk berdasarkan Perjanjian Oslo tahun 1993 antara Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Israel, dan menjadikan PA berusia 30 tahun pada tahun ini.

Badan ini dibentuk sebagai badan pemerintahan sementara yang berdurasi lima tahun, yang dimaksudkan untuk mewujudkan negara Palestina yang terdiri dari wilayah Yerusalem Timur, Tepi Barat, dan Jalur Gaza yang diduduki pada tahun 1967.

Pendudukan militer Israel selama 56 tahun di wilayah-wilayah ini, termasuk pembangunan pemukiman ilegal – yang sebagian besar dibangun seluruhnya atau sebagian di atas tanah milik warga Palestina – telah menghalangi kemungkinan tersebut.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Otoritas Palestina juga diwajibkan untuk berbagi informasi intelijen dengan Israel sebagai bagian dari kebijakan “koordinasi keamanan” yang sangat kontroversial dan untuk membantu menggagalkan perlawanan bersenjata warga Palestina, termasuk dengan membantu penangkapan, sehingga menjadikannya tidak populer di kalangan sebagian besar warga Palestina.


4. Memiliki Permasalahan yang Kompleks

5 Alasan Yerusalem dan Tepi Barat Akan Menjadi Front Ketiga dalam Perang Gaza

Foto/Reuters

Meskipun Hamas dengan ketat mengontrol Gaza yang terkepung, Tepi Barat merupakan gabungan kompleks kota-kota di lereng bukit, permukiman Israel, dan pos pemeriksaan tentara yang memecah belah komunitas Palestina.

Israel menduduki wilayah tersebut pada tahun 1967 dan telah membaginya menjadi wilayah luas yang dikuasainya, wilayah kecil di mana warga Palestina mempunyai kendali penuh, dan wilayah di mana pasukan Palestina dan Israel membagi tugas sipil dan keamanan.

Antara pusat kekuasaan di Ramallah dan wilayah pinggiran yang lebih miskin, terdapat beragam pandangan mengenai manfaat kekerasan.

Para pemuda yang putus asa di kamp-kamp pengungsi lebih bersedia untuk berperang dibandingkan mereka yang berada di Ramallah, tempat para pengusaha dan pejabat senior Palestina akan mengalami kerugian akibat spiral kekerasan.

“Bisnis saya sudah menderita karena kerusuhan ini,” kata Mughrabi.

Faktor kunci lainnya dalam membendung kekerasan adalah perjanjian keamanan Israel dengan PA yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas yang berusia 87 tahun.

Abbas mengutuk serangan Israel di Gaza sementara pasukan keamanannya menindak demonstrasi. Fatah belum mengeluarkan seruan publik untuk melakukan perlawanan bersenjata.

“PA ingin menjaga perdamaian dan khawatir demonstrasi ribuan orang dapat dengan cepat berubah menjadi ratusan ribu,” kata analis politik Palestina Hadi al-Masri.

Dia menambahkan bahwa para pejabat Otoritas Palestina memiliki kinerja keuangan yang baik dan bergantung pada perjanjian dengan Israel untuk mendapatkan bayaran.

Jika Abbas kehilangan kendali atau jatuh sakit di usia tuanya, situasinya bisa memburuk, katanya.

5. Memiliki Loyalitas yang Handal dalam Melaksanakan Lone Wolf

5 Alasan Yerusalem dan Tepi Barat Akan Menjadi Front Ketiga dalam Perang Gaza

Foto/Reuters

Lior Akerman, mantan perwira di dinas keamanan dalam negeri Israel, Shin Bet, mengatakan kekhawatiran atas kerusuhan di Tepi Barat sudah ada sebelum perang Hamas.

Hamas selama bertahun-tahun telah berusaha “melakukan semua yang mereka bisa untuk mengaktifkan teroris di Tepi Barat,” katanya.

Namun Akerman mengakui bahwa langkah-langkah keamanan telah diperketat sejak pemboman Gaza dimulai, dan mengatakan bahwa penangkapan terakhir mungkin tidak terjadi dalam keadaan normal.

"Tadi malam tentara... menangkap sekitar 100 teroris di Tepi Barat. Pada hari-hari biasa... Shin Bet hanya akan menangkap mereka yang mereka tahu sedang mempersiapkan serangan teror," katanya.

Salah satu kekhawatiran bagi Israel di Tepi Barat adalah serangan “lone wolf” yang dilakukan oleh warga Palestina yang memiliki loyalitas lokal yang berbeda-beda namun secara keseluruhan menghina pendudukan Israel, kata para analis.

Survei baru-baru ini menunjukkan dukungan publik yang sangat besar di kalangan warga Palestina terhadap kelompok bersenjata, termasuk milisi lokal yang anggotanya berasal dari faksi yang secara tradisional berbeda.

Bahkan sebelum krisis Gaza saat ini, Tepi Barat telah mengalami peningkatan kekerasan.

Israel meningkatkan serangan militer dan serangkaian serangan Palestina menargetkan warga Israel. Jumlah korban tewas warga Palestina pada tahun 2023 hingga 7 Oktober adalah lebih dari 220 orang dan setidaknya 29 orang di Israel telah terbunuh, menurut catatan PBB.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)