Soal Korut, China: Jangan Lemparkan Bensin ke Dalam Api

Selasa, 15 Agustus 2017 - 18:01 WIB
Soal Korut, China: Jangan Lemparkan Bensin ke Dalam Api
Soal Korut, China: Jangan Lemparkan Bensin ke Dalam Api
A A A
BEIJING - China kembali mendesak semua pihak untuk bisa menahan diri dari melakukan tindakan yang hanya akan memperburuk situasi di Semenanjung Korea. Seruan ini datang di tengah terus meningkatnya ketegangan antara Korea Utara (Korut) dan Amerika Serikat (AS).
"Kami berharap semua pihak dapat memadamkan api, tidak menambahkan minyak ke dalam api, dengan kata-kata dan tindakan mereka," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.
"Kami mendesak sebuah resolusi damai mengenai kebuntuan tersebut," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (15/8).
China, yang merupakan sekutu dan mitra ekonomi utama Korut telah berulang kali mendesak Pyongyang untuk menghentikan program senjata. Beijing juga mendesak Korea Selatan dan AS menghentikan latihan militer untuk meredam ketegangan.
Sementara itu, sebelumnya Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengatakan bahwa tidak akan ada tindakan militer Amerika Serikat (AS) di Semenanjung Korea tanpa persetujuan Seoul. Dia dan pemerintahannya akan mencegah perang dengan segala cara.
”Tindakan militer di semenanjung Korea hanya bisa diputuskan oleh Korsel dan tidak ada orang lain yang dapat memutuskan untuk melakukan tindakan militer tanpa persetujuan dari Korea Selatan,” kata Moon dalam sebuah pidato untuk memperingati ulang tahun pembebasan negaranya dari kekuasaan militer Jepang tahun 1945.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5708 seconds (0.1#10.140)