Dari 6 Pemimpin Hamas, Siapa Paling Berpengaruh?

Kamis, 19 Oktober 2023 - 22:11 WIB
loading...
Dari 6 Pemimpin Hamas, Siapa Paling Berpengaruh?
Para pemimpin Hamas Marwan Issa; Khaled Meshaal; Mahmoud Zahar; Yehiya Sinwar; Ismail Haniyeh; hingga Mohammed Deif. Foto/BBC/Reuters
A A A
GAZA - Sejak Hamas membutakan Israel dengan serangan paling ambisius yang pernah dilancarkan dari Gaza, timbul pertanyaan mengenai pemimpinnya yang paling berpengaruh.

Apalagi, Hamas merupakan kelompok perjuangan yang unik dan menarik. Mereka memiliki pola pergerakan yang sangat rahasia dan tidak mudah terbaca oleh musuh.

Keberadaan para pemimpin Hamas juga mayoritas justru misterius. Itu menunjukkan mereka memiliki pola struktur dan komando yang tidak muda diketahui oleh publik.

Banyak dari orang-orang berpangkat tinggi yang tergabung dalam kelompok pejuang Palestina yang menguasai Gaza tidak menonjolkan diri di depan umum. Sementara yang lain menghabiskan sebagian besar hidup mereka untuk menghindari upaya pembunuhan oleh Israel.



Hamas memiliki banyak pemimpin. Mereka yang terkenal dan populer adalah Marwan Issa; Khaled Meshaal; Mahmoud Zahar; Yehiya Sinwar; Ismail Haniyeh; hingga Mohammed Deif.

Pertanyaan, siapa yang paling berpengaruh dari 6 pemimpin Hamas tersebut?

1. Ismail Haniyah

Dari 6 Pemimpin Hamas, Siapa Paling Berpengaruh?

Foto/Reuters

Melansir BBC, Ismail Haniyeh secara luas dianggap sebagai pemimpin Hamas secara keseluruhan.

Sebagai anggota terkemuka gerakan tersebut pada akhir tahun 1980an, Israel memenjarakan Haniyeh selama tiga tahun pada tahun 1989 ketika mereka menindak pemberontakan Palestina yang pertama.

Dia kemudian diasingkan pada tahun 1992 ke tanah tak bertuan antara Israel dan Lebanon, bersama dengan sejumlah pemimpin Hamas.

Setelah setahun di pengasingan, dia kembali ke Gaza. Pada tahun 1997, ia diangkat menjadi kepala kantor pemimpin spiritual Hamas, sehingga memperkuat posisinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)