Mantan Kepala Intelijen Arab Saudi: Tidak Ada Pahlawan dalam Konflik Hamas-Israel

Rabu, 18 Oktober 2023 - 17:03 WIB
loading...
Mantan Kepala Intelijen Arab Saudi: Tidak Ada Pahlawan dalam Konflik Hamas-Israel
Pangeran Turki Al-Faisal menganggap tidak ada pahlawan dalam konflik Hamas-Israel. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Mantan Kepala Intelijen Arab Saudi Pangeran Turki Al-Faisal mengecam Hamas dan Israel karena menargetkan warga sipil, namun mengatakan warga Palestina mempunyai hak untuk menolak pendudukan.

Dia juga mengecam para politisi Barat karena ‘meneteskan air mata’ ketika warga Israel terbunuh, namun ‘menolak untuk mengungkapkan kesedihan’ ketika nyawa warga Palestina menjadi korban kekejaman Negara Zionis.

Pangeran Turki Al-Faisal mengutuk “penargetan Hamas terhadap sasaran sipil dari segala usia atau jenis kelamin, seperti yang dituduhkan,” dan mengatakan tindakan tersebut bertentangan dengan perintah Islam tentang menyakiti warga sipil dan menodai tempat ibadah.

“Tetapi saya juga mengutuk pemboman tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel terhadap warga sipil Palestina yang tidak bersalah di Gaza dan upaya untuk memaksa mereka masuk ke Sinai," katanya dilansir Arab News.

“Tidak ada pahlawan dalam konflik ini. Hanya korban,” kata Pangeran Turki pada pertemuan di Baker Institute for Public Policy di Rice University di Houston pada Selasa.

Pangeran Turki, yang pernah menjabat sebagai diplomat tertinggi Kerajaan di Amerika Serikat dan Inggris, mengatakan: “Semua penduduk yang diduduki militer mempunyai hak untuk menolak pendudukan mereka – bahkan secara militer.”



Namun Pangeran Turki melihat pendekatan berbeda akan lebih bermanfaat bagi warga Palestina.

“Saya lebih memilih pilihan lain: pemberontakan sipil dan pembangkangan. Hal ini meruntuhkan Imperium Inggris di India dan Imperium Soviet di Eropa Timur.”

Sepuluh hari yang lalu, agen Hamas melintasi perbatasan Gaza menuju permukiman Israel dan menewaskan lebih dari seribu warga Israel termasuk tentara dan warga sipil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)