Tidak Ingin Terdampak Perang Gaza, Raja Yordania Tolak Pengungsi Palestina

Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:10 WIB
loading...
Tidak Ingin Terdampak Perang Gaza, Raja Yordania Tolak Pengungsi Palestina
Perang Gaza menimbulkan dampak luas, seperti timbulnya pengungsi. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Raja Abdullah II dari Yordania memperingatkan bahwa perpindahan warga Palestina ke Yordania dan Mesir adalah sebuah “garis merah,” dan mengatakan tidak akan ada pengungsi di Yordania dan tidak ada pengungsi di Mesir.

Berbicara bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz pada konferensi pers di Berlin, Raja Abdullah II memperingatkan terhadap segala bentuk migrasi paksa.

“Itu adalah garis merah, karena menurut saya itu adalah rencana tersangka tertentu untuk mencoba menciptakan masalah de facto di lapangan. Tidak ada pengungsi di Yordania, tidak ada pengungsi di Mesir. Ini adalah situasi berdimensi kemanusiaan yang harus ditangani di Gaza dan Tepi Barat dan tidak mencoba dan memaksakan tantangan Palestina di masa depan ke pundak orang lain,” kata Raja Abdullah II, dilansir CNN.



Dia menyatakan keprihatinan mendalam atas banyaknya korban jiwa di pihak Palestina dan Israel, dan atas situasi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza, yang dia gambarkan sebagai hal yang “tidak dapat diterima,” baik dari segi hukum dan masalah kemanusiaan.

“Tahun ini adalah tahun paling berdarah bagi warga Palestina dan Israel dalam beberapa tahun terakhir, dan akan menjadi lebih buruk kecuali kita menghentikan perang ini dan bencana kemanusiaan yang diakibatkannya,” kata Raja Abdullah II.

Raja Abdullah menegaskan kembali bahwa upaya pemindahan paksa warga Palestina dan menyebabkan mereka mengungsi tidak dapat diterima dan akan membawa wilayah tersebut ke dalam bencana lain serta siklus baru kekerasan dan kehancuran.

Ia juga menekankan pentingnya menghormati hukum internasional dan hukum humaniter internasional dalam melindungi warga sipil dan mengutuk penargetan mereka.

Raja Abdullah menekankan perlunya upaya untuk menemukan cakrawala politik yang menjamin peluang untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif berdasarkan solusi dua negara dan resolusi sah internasional.



Peringatan dan pernyataan Raja Abdullah II muncul di tengah konflik yang sedang berlangsung di Gaza, di mana serangan udara Israel telah mengakibatkan banyak korban sipil dan kerusakan infrastruktur. Sikapnya menegaskan kembali komitmen Yordania untuk mencegah krisis pengungsi di wilayah tersebut dan menyerukan diakhirinya kekerasan melalui cara diplomatik.

Penekanan Raja Abdullah II pada penegakan hukum internasional dan prinsip-prinsip kemanusiaan mencerminkan keprihatinan internasional yang lebih luas terhadap situasi di Gaza dan perlunya penyelesaian konflik secara damai.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)