8 Negara yang Setia Bantu Israel Meski Terus Serang Warga Sipil di Gaza

Selasa, 17 Oktober 2023 - 12:20 WIB
loading...
8 Negara yang Setia Bantu Israel Meski Terus Serang Warga Sipil di Gaza
Warga sipil Palestina yang terluka tiba di Rumah Sakit Al Syifa setelah serangan Israel di Kota Gaza, Jalur Gaza pada Senin (16/10/2023). Foto/AP/Abed Khaled
A A A
TEL AVIV - Konflik Israel dan Palestina kembali memanas pada Oktober 2023, setelah Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza.

Serangan Israel tersebut dipicu serangan kejutan dari kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza.

Serangan Israel telah menyebabkan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur di Jalur Gaza. Serangan Israel telah menewaskan ribuan warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

Meski serangan Israel telah menuai kecaman dari berbagai pihak, namun ada beberapa negara yang tetap setia mendukung Israel. Negara-negara tersebut antara lain:

1. Amerika Serikat


Amerika Serikat adalah sekutu utama Israel. Negara ini telah memberikan dukungan militer, ekonomi, dan diplomatik kepada Israel selama bertahun-tahun.

Pada 13 Oktober 2023, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengeluarkan pernyataan yang mendukung Israel. Biden menyebut Israel memiliki hak untuk membela diri dari serangan roket Hamas.

2. Inggris


Inggris juga merupakan sekutu utama Israel. Negara ini telah memberikan dukungan militer dan diplomatik kepada Israel selama bertahun-tahun.

Pada 14 Oktober 2023, Inggris mengeluarkan pernyataan yang mendukung Israel. Inggris menyebut bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri dari serangan roket Hamas.

3. Prancis


Prancis telah menyatakan dukungannya kepada Israel, namun juga menyerukan gencatan senjata.

Pada 13 Oktober 2023, Prancis mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri, namun juga menyerukan gencatan senjata.

4. Australia


Australia merupakan salah satu negara yang memberikan bantuan militer terbesar kepada Israel. Bantuan ini meliputi penjualan senjata, peralatan militer, dan pelatihan militer.

Australia juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada Israel, terutama untuk korban konflik Israel-Palestina.

Laporan bantuan luar negeri dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, 2023, mengungkap bantuan militer Australia pada Israel sebesar USD1,2 miliar (2022).

Laporan bantuan luar negeri dari pemerintah Australia, 2022, menyebut bantuan kemanusiaan Australia pada Israel sebesar USD10 juta (2022).

5. Austria


Austria merupakan negara yang memberikan bantuan kemanusiaan dan ekonomi kepada Israel.

Bantuan kemanusiaan ini meliputi bantuan untuk korban konflik Israel-Palestina dan bantuan untuk pembangunan ekonomi Israel. Austria juga memberikan bantuan ekonomi untuk pendidikan dan kesehatan di Israel.

Laporan bantuan luar negeri dari pemerintah Austria, 2022, mengungkap bantuan kemanusiaan USD15 juta (2022), bantuan ekonomi USD100 juta (2022).

6. Brasil


Brasil merupakan negara yang memberikan bantuan ekonomi kepada Israel. Bantuan ini meliputi bantuan untuk perdagangan dan investasi.

Brasil juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada Israel, terutama untuk korban konflik Israel-Palestina.

Laporan bantuan luar negeri dari pemerintah Brasil, 2022, mengungkap bantuan ekonomi USD200 juta (2022).

7. Kanada


Kanada merupakan negara yang memberikan bantuan militer, bantuan kemanusiaan, dan bantuan ekonomi kepada Israel.

Bantuan militer ini meliputi penjualan senjata dan peralatan militer. Bantuan kemanusiaan ini meliputi bantuan untuk korban konflik Israel-Palestina. Bantuan ekonomi ini meliputi bantuan untuk perdagangan dan investasi.

Laporan bantuan luar negeri dari pemerintah Kanada, 2022, mengungkap bantuan militer USD500 juta (2022), bantuan kemanusiaan USD100 juta (2022), bantuan ekonomi USD1 miliar (2022).

8. Polandia


Polandia merupakan negara yang memberikan bantuan kemanusiaan kepada Israel. Bantuan ini meliputi bantuan untuk korban konflik Israel-Palestina.

Laporan bantuan luar negeri dari pemerintah Polandia, 2022, menyebut bantuan kemanusiaan ke Israel sebesar USD10 juta (2022).

Dukungan dari negara-negara tersebut telah memberikan legitimasi bagi Israel untuk terus menyerang Jalur Gaza. Hal ini membuat konflik Israel dan Palestina semakin sulit untuk diselesaikan.

Alasan Negara-negara yang Setia Bantu Israel


Ada beberapa alasan mengapa negara-negara tersebut setia membantu Israel, antara lain:

1. Hubungan Politik dan Militer yang Erat


Banyak negara yang mendukung Israel memiliki hubungan politik dan militer yang erat dengan Israel. Hubungan tersebut telah terjalin selama bertahun-tahun dan tidak mudah untuk diputuskan.

2. Kesamaan Ideologi


Beberapa negara yang mendukung Israel memiliki kesamaan ideologi dengan Israel, yaitu demokrasi dan kapitalisme. Hal ini membuat mereka merasa memiliki kesamaan dengan Israel dan ingin mendukungnya.

3. Kepentingan Ekonomi


Beberapa negara yang mendukung Israel memiliki kepentingan ekonomi dengan Israel. Israel merupakan negara maju dengan perekonomian yang kuat.

Kepentingan ekonomi ini membuat negara-negara tersebut tidak ingin kehilangan hubungan dengan Israel.

Dampak Dukungan Negara-negara Tersebut


Dukungan dari negara-negara tersebut telah membuat Israel semakin percaya diri untuk terus menyerang Jalur Gaza. Hal ini membuat konflik Israel dan Palestina semakin sulit untuk diselesaikan.

Dukungan tersebut juga telah membuat Palestina semakin terpuruk. Banyak warga Palestina yang menjadi korban serangan Israel. Hal ini membuat Palestina semakin sulit untuk mencapai kemerdekaan.

Konflik Israel dan Palestina masih menjadi salah satu konflik yang paling rumit di dunia. Dukungan dari negara-negara tertentu telah membuat konflik ini semakin sulit untuk diselesaikan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0836 seconds (0.1#10.140)