Menlu China: Status Negara Palestina Telah Lama Tertunda

Senin, 16 Oktober 2023 - 11:05 WIB
loading...
Menlu China: Status Negara Palestina Telah Lama Tertunda
China mendukung penuh status negara Palestina. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menteri Luar Negeri China Wang Yi menegaskan kembali dukungan Beijing untuk negara Palestina merdeka sebagai jalan keluar dari konflik di Israel dan Gaza.

Dalam percakapan telepon dengan rekannya dari Iran, Wang menggambarkan China sebagai perantara perdamaian, dan mengatakan bahwa Beijing akan “berdiri di sisi perdamaian dan keadilan dan mendukung rakyat Palestina dalam upaya mereka untuk menjaga hak-hak nasional mereka.”

“Alasan mendasar mengapa situasi di Palestina dan Israel berkembang hingga saat ini adalah karena hak rakyat Palestina untuk bernegara telah lama tertahan”, kata Wang kepada Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian. “Ketidakadilan historis ini harus diakhiri secepat mungkin,” katanya.



Dalam panggilan terpisah dengan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan, Wang pertemuan gencatan senjata, pembukaan rute bantuan kemanusiaan ke Gaza dan dimulainya kembali dialog antara Israel dan otoritas Palestina.

Tanpa menyebut Israel, katanya, “hak untuk membela diri harus dilaksanakan sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional dan tidak mengorbankan korban sipil yang tidak bersalah,” menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri China.



China telah lama mendukung “solusi dua negara” untuk mendirikan negara Palestina yang merdeka. Baik Israel maupun Amerika Serikat telah menyatakan ketidakpuasan yang kuat terhadap China karena tidak mengecam serangan keras yang mematikan dan brutal Hamas terhadap warga Israel pada tanggal 7 Oktober, dan karena tidak menunjukkan dukungan kepada Israel setelah persahabatan tersebut.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)