10 Fakta 75 tahun Dukungan AS untuk Israel, dari Truman hingga Biden

Senin, 16 Oktober 2023 - 13:25 WIB
loading...
A A A
Marinir dibom pada tahun 1983 dalam misi perdamaian terkait Israel.

Ronald Reagan menekankan hubungan yang lebih erat dengan Israel, sebuah jalan yang berkontribusi terhadap ketegangan personel AS di wilayah tersebut. Marinir AS dikirim ke Lebanon sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian setelah Israel menyerbu untuk mengejar anggota Organisasi Pembebasan Palestina. Kedutaan Besar AS dan Barak Marinir AS sama-sama dibom di Beirut, Lebanon, pada tahun 1983.

Hizbullah, kelompok yang memiliki hubungan dengan Iran, yang saat itu masih dalam tahap pertumbuhan, dinyatakan bertanggung jawab atas serangan barak, yang menewaskan 241 tentara AS. Pengadilan AS memutuskan bahwa keluarga korban pemboman harus mendapatkan $1,75 miliar dana Iran yang disimpan di rekening Citibank New York.

Skema penjualan rudal ke Iran pada tahun 1980-an dengan imbalan pembebasan sandera Amerika di Lebanon merupakan momen penting karena hampir menjatuhkan kepresidenan Reagan.

Apa yang mungkin dilupakan banyak orang tentang masalah ini adalah bahwa Israel bertindak sebagai perantara. Skandal yang lebih besar adalah bahwa pejabat pemerintahan Reagan kemudian menggunakan hasil penjualan senjata untuk mendanai pemberontak anti-komunis di Nikaragua. Dalam memoarnya tahun 1990, Reagan mengatakan Israel menghasut operasi perdagangan sandera.

“Ini bukan sejarah yang linier,” kata Zelizer. “Tetapi saya pikir semua ini mempunyai konsekuensi pada berbagai elemen kebijakan di kawasan ini.”

6. Presiden George H.W. Bush dan pemukiman di Tepi Barat

10 Fakta 75 tahun Dukungan AS untuk Israel, dari Truman hingga Biden

Foto/Reuters

Presiden George H.W. Bush berusaha memastikan dana AS tidak akan digunakan untuk pembangunan pemukiman di Tepi Barat, sehingga menyebabkan ketegangan dengan Israel. Ia juga mencoba mempertemukan Israel dengan negara-negara lain untuk memulai Proses Perdamaian Timur Tengah di Madrid, termasuk warga Palestina, yang diakui sebagai anggota rombongan Yordania.

Pembicaraan terpisah, yang tidak difasilitasi oleh AS, menghasilkan normalisasi hubungan antara Israel dan negara tetangganya, Yordania, dan Perjanjian Oslo, antara Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina.

7. Presiden Bill Clinton mengadakan beberapa pertemuan puncak

10 Fakta 75 tahun Dukungan AS untuk Israel, dari Truman hingga Biden

Foto/Reuters

Clinton paling dekat dalam menjadi perantara perdamaian antara Israel dan Palestina. Penyusunan Perjanjian Oslo pada tahun 1993, Clinton mendukung jabat tangan bersejarah antara pemimpin Palestina saat itu Yasser Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzahk Rabin. Para pemimpin Timur Tengah, bersama dengan Perdana Menteri Israel Shimon Peres, dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian.

Namun perjanjian mereka, yang menetapkan Otoritas Palestina sebagai pemerintahan nominal bagi rakyat Palestina, membuat isu Yerusalem belum terselesaikan dan tidak menghasilkan perdamaian abadi. Rabin kemudian dibunuh oleh ekstremis sayap kanan Israel. Upaya tindak lanjut antara Clinton, Arafat dan Perdana Menteri Israel Ehud Barak, yang diadakan di Camp David, gagal menghasilkan kesepakatan.

8. Presiden George W. Bush fokus ke tempat lain setelah serangan teror

“Setelah 9/11, terjadi perubahan besar,” kata Zelizer. “Saya pikir saat itulah Anda mulai melihat berkurangnya kedudukan perjanjian perdamaian Palestina-Israel sebagai prioritas. Fokusnya adalah kontraterorisme bagi George W. Bush.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)