Diduga Ditekan AS dan Negara Arab, Mahmoud Abbas Kutuk Serangan Hamas ke Israel

Senin, 16 Oktober 2023 - 06:47 WIB
loading...
Diduga Ditekan AS dan Negara Arab, Mahmoud Abbas Kutuk Serangan Hamas ke Israel
Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengecam serangan Hamas ke Israel karena diduga ditekan AS dan negara Arab. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, dalam kecaman pertamanya yang jelas dan tegas atas serangan Hamas terhadap Israel, mengatakan tindakan kelompok tersebut “tidak mewakili rakyat Palestina.”

“Kebijakan dan tindakan Hamas tidak mewakili rakyat Palestina, dan kebijakan, program, dan keputusan Organisasi Pembebasan Palestina-lah yang mewakili rakyat Palestina sebagai perwakilan mereka yang sah dan satu-satunya,” kata Abbas saat berbicara melalui telepon dengan Venezuela. Presiden Nicolás Maduro pada hari Minggu, kantor pers resmi Palestina WAFA melaporkan.

Abbas menyerukan diakhirinya korban sipil, pembebasan tahanan dan penolakan kekerasan, menurut WAFA.

Dalam panggilan tersebut, Abbas juga menekankan kebutuhan mendesak bagi Israel untuk menghentikan agresinya di Gaza dan segera melindungi warga sipil Gaza dengan membuka koridor kemanusiaan untuk penyediaan pasokan medis, air, listrik, dan bahan bakar bagi warga Gaza, lapor WAFA.



Abbas mengatakan mengusir warga Palestina dari Gaza akan menjadi “bencana kedua bagi rakyat Palestina,” tambah WAFA.

Pernyataan Hamas itu berubah haluan. Padahal, pada awal konflik pekan lalu, Abbas menyatakan rakyat Palestian berhak membela diri. Perubahan haluan itu diduga karena tekanan Amerika Serikat dan negara Arab lainnya yang tidak setuju dengan perang yang dilakukan Hamas.

Saat ini Israel sedang berperang dengan Hamas, kelompok Palestina yang menguasai Gaza dan melancarkan serangan teror yang menghancurkan di Israel awal bulan ini.



Abbas adalah pemimpin Otoritas Palestina, sebuah badan pemerintah dengan pemerintahan mandiri terbatas di Tepi Barat. Organisasi ini didirikan berdasarkan Perjanjian Oslo tahun 1993, sebuah pakta perdamaian antara Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang menjadikan PLO menghentikan perlawanan bersenjata terhadap Israel dengan imbalan janji-janji negara Palestina merdeka.

Hamas – yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS, Uni Eropa, dan negara-negara lain – menampilkan dirinya sebagai alternatif bagi Otoritas Palestina, yang telah mengakui Israel dan telah terlibat dalam berbagai inisiatif perdamaian yang gagal dengannya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)