Arab Saudi Dilaporkan Bekukan Kesepakatan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Minggu, 15 Oktober 2023 - 09:59 WIB
loading...
Arab Saudi Dilaporkan Bekukan Kesepakatan Normalisasi Hubungan dengan Israel
Arab Saudi dilaporkan bekukan kesepakatan normalisasi hubungan dengan Isral. Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Dua sumber mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Arab Saudi telah menghentikan rencana normalisasi hubungan dengan Israel yang didukung Amerika Serikat (AS). Ini menandakan adanya pemikiran ulang yang cepat mengenai prioritas kebijakan luar negeri Saudi ketika perang antara Israel dan Hamas meningkat.

Konflik tersebut juga mendorong Arab Saudi berhubungan dengan Iran. Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima panggilan telepon pertamanya dari Presiden Iran Ebrahim Raisi ketika Riyadh mencoba mencegah peningkatan kekerasan yang lebih luas di wilayah tersebut.

Kedua sumber tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa akan ada penundaan dalam pembicaraan normalisasi dengan Israel yang didukung AS, yang merupakan langkah penting bagi kerajaan tersebut untuk mengamankan apa yang dianggap Riyadh sebagai imbalan nyata dari pakta pertahanan AS.

Hingga Hamas yang didukung Iran memicu perang pada tanggal 7 Oktober dengan melancarkan serangan dahsyat terhadap Israel, baik para pemimpin Israel maupun Arab Saudi mengatakan bahwa mereka terus bergerak menuju kesepakatan yang dapat mengubah Timur Tengah.

"Hingga konflik terbaru ini, Arab Saudi mengindikasikan bahwa mereka tidak akan membiarkan upayanya mencapai pakta pertahanan AS gagal bahkan jika Israel tidak menawarkan konsesi yang signifikan kepada Palestina dalam upaya mereka untuk menjadi negara," kata sumber sebelumnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (15/10/2023).

Namun pendekatan yang mengesampingkan warga Palestina akan berisiko membuat marah masyarakat Arab di wilayah tersebut, karena outlet berita Arab menyiarkan gambar warga Palestina yang tewas dalam serangan udara balasan Israel.



Sumber pertama yang mengetahui pemikiran Riyadh mengatakan bahwa pembicaraan tidak dapat dilanjutkan untuk saat ini dan masalah konsesi Israel untuk Palestina perlu menjadi prioritas yang lebih besar ketika diskusi dilanjutkan – sebuah komentar yang menunjukkan bahwa Riyadh tidak meninggalkan gagasan tersebut.

Washington ingin melanjutkan Perjanjian Abraham yang di dalamnya beberapa negara Teluk, termasuk Uni Emirat Arab, menormalisasi hubungan dengan Israel.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan pada pengarahan di Gedung Putih minggu ini bahwa upaya normalisasi “tidak ditunda” namun mengatakan fokusnya adalah pada tantangan-tantangan mendesak lainnya.

Sumber pertama yang mengetahui pemikiran Saudi mengatakan Washington telah menekan Riyadh minggu ini untuk mengutuk serangan Hamas tetapi mengatakan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan menolaknya. Sumber AS yang mengetahui masalah ini membenarkan hal itu.

Konflik regional juga telah mendorong putra mahkota Arab Saudi dan presiden Iran berbicara untuk pertama kalinya setelah inisiatif yang ditengahi China mendorong kedua negara Teluk itu untuk membangun kembali hubungan diplomatik pada bulan April.

Sebuah pernyataan Saudi mengatakan putra mahkota mengatakan kepada Raisi “kerajaan mengerahkan upaya maksimal untuk terlibat dengan semua pihak internasional dan regional untuk menghentikan eskalasi yang sedang berlangsung”, menggarisbawahi langkah Riyadh untuk mengatasi krisis tersebut.

Seorang pejabat senior Iran mengatakan kepada Reuters bahwa seruan tersebut, yang dibuat oleh Raisi kepada putra mahkota, bertujuan untuk mendukung “Palestina dan mencegah penyebaran perang di wilayah tersebut”.



“Panggilan itu bagus dan menjanjikan,” kata pejabat itu.

Pejabat Iran kedua mengatakan panggilan telepon itu berlangsung selama 45 menit dan mendapat restu dari Pemimpin Tertinggi Ali Hosseini Khamenei.

Pemerintah Arab Saudi tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai seruan tersebut namun dalam pernyataannya mengatakan putra mahkota menyatakan “penentangan kerajaan terhadap segala bentuk penargetan warga sipil dan hilangnya nyawa tak berdosa” dan menyatakan “sikap teguh Riyadh dalam membela perjuangan Palestina.”

Arab Saudi berupaya meredakan ketegangan di Timur Tengah, termasuk berupaya mengakhiri konflik di Yaman, tempat Riyadh memimpin koalisi militer dalam perang melawan kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran.

Ketika ditanya tentang pembicaraan telepon Raisi dengan putra mahkota, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington “terus berhubungan dengan para pemimpin Saudi”. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah melakukan beberapa panggilan telepon dengan timpalannya dari Saudi.

Pejabat itu mengatakan Washington meminta mitra-mitra yang memiliki saluran seperti Hamas, Hizbullah – kelompok bersenjata Lebanon yang bersekutu dengan Teheran dan berperang dengan Israel pada tahun 2006 – atau Iran “untuk membuat Hamas mundur dari serangannya, membebaskan sandera, mengusir Hizbullah (dan) mencegah Iran ikut campur”.

Sumber pertama yang mengetahui pemikiran Saudi mengatakan negara-negara Teluk, termasuk negara-negara yang memiliki hubungan dengan Israel, khawatir Iran dapat terlibat dalam konflik yang akan berdampak pada mereka.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)