Gedung Putih Sebut Korut Kirim 1.000 Kontainer Senjata ke Rusia

Minggu, 15 Oktober 2023 - 07:06 WIB
loading...
Gedung Putih Sebut Korut Kirim 1.000 Kontainer Senjata ke Rusia
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih menuding Korea Utara (Korut) telah mengirimkan sejumlah besar senjata ke Rusia untuk membantu Moskow berperang di Ukraina .

"Pyongyang telah mengirimkan lebih dari 1.000 kontainer berisi peralatan dan amunisi dalam beberapa pekan terakhir," kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby pada Jumat seperti dikutip dari Sky News, Minggu (15/10/2023).

Washington merilis gambar-gambar yang menunjukkan kontainer-kontainer berisi senjata di kapal berbendera Rusia sebelum dipindahkan dengan kereta api ke Rusia barat daya.

Menurut Gedung Putih, kontainer tersebut dikirim antara 7 September dan 1 Oktober, antara Najin, Korut, dan Dunay, Rusia.

Spekulasi Pyongyang akan mulai mengirimkan senjata ke Rusia telah tersebar luas sejak pemimpin Korut, Kim Jong-un, mengunjungi Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin dan melihat situs-situs penting militer.



"Sebagai imbalannya, Korea Utara menginginkan teknologi senjata Rusia yang canggih untuk digunakan dalam program pengembangan senjata nuklirnya," kata Kirby.

Foto satelit yang menunjukkan peningkatan tajam lalu lintas kereta api di sepanjang perbatasan Korea Utara-Rusia diterbitkan minggu lalu oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional.

Gambar bertanggal 5 Oktober, menurut lembaga pemikir Washington, menunjukkan tingkat lalu lintas kereta barang yang dramatis dan belum pernah terjadi sebelumnya di Fasilitas Kereta Tumangang, di perbatasan negara tersebut dengan Rusia.

"Lebih dari 70 gerbong telah teridentifikasi," kata pusat tersebut, sedangkan hanya sekitar 20 gerbong yang terlihat selama lima tahun sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)