Dubes Rusia untuk PBB: Timur Tengah di Ambang Perang Besar

Minggu, 15 Oktober 2023 - 00:01 WIB
loading...
Dubes Rusia untuk PBB: Timur Tengah di Ambang Perang Besar
Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia memperingatkan potensi perang besar. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia memperingatkan Timur Tengah berada di ambang perang besar, seiring meningkatnya permusuhan antara Israel dan Hamas baru-baru ini.

Diplomat tersebut juga mengecam tingkat kekerasan “mengerikan” yang terjadi di wilayah tersebut akhir-akhir ini dan menyerukan gencatan senjata segera.

Berbicara kepada media setelah pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB pada Jumat (13/10/2023), Nebenzia mengatakan, “Wilayah tersebut berada di ambang perang besar-besaran dan bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

Dia mencatat, “Rusia dengan tegas mengutuk pembunuhan warga sipil Israel dan Palestina. Apa yang terjadi di wilayah Israel pada tanggal 7 Oktober tidak dapat diterima.”

Menurut diplomat Rusia tersebut, “Tanggung jawab atas perang yang terjadi di Timur Tengah sebagian besar berada di tangan Amerika Serikat.”

Nebenzia menuduh Washington “secara tidak bertanggung jawab dan egois” menghalangi kerja kuartet mediator yang terdiri dari PBB, AS, Uni Eropa (UE), dan Rusia.

Dia mengklaim AS telah berusaha memonopoli proses tersebut dan memaksakan visi perdamaiannya sendiri di Palestina, namun tidak menyelesaikan penyebab utama konflik tersebut.



Diplomat tersebut juga menekankan Israel telah lama melanggar berbagai resolusi PBB, termasuk dengan memperluas permukiman ilegalnya di wilayah pendudukan Palestina.

Nebenzia melanjutkan dengan menekankan, meskipun Israel “memiliki hak untuk membela warganya,” Rusia memandang taktik terbarunya sama saja dengan hukuman kolektif terhadap warga Palestina, dan oleh karena itu tidak dapat diterima.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)