Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 21:50 WIB
loading...
Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin sangat diuntungkan dengan memanasnya Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sangat menggoda untuk melihat Vladimir Putin sebagai penjahat gaya James Bond yang duduk di panel kendali raksasa, di tempat persembunyian di gunung, menyebarkan kekacauan di seluruh dunia.

Dia menekan satu tombol dan terjadilah kerusuhan di Balkan.

Dia menekan yang lain dan Timur Tengah meledak.

Ini menggoda… tapi mungkin tidak akurat. Hal ini membesar-besarkan pengaruh global pemimpin Kremlin tersebut.

Ya, Rusia mempunyai hubungan dengan Hamas dan telah menjadi sekutu dekat Iran. Menurut AS, Moskow dan Teheran kini memiliki kemitraan pertahanan penuh.

Namun hal itu tidak berarti Moskow terlibat langsung atau mengetahui sebelumnya mengenai serangan Hamas terhadap Israel.

“Kami tidak percaya bahwa Rusia terlibat dalam hal apa pun,” kata duta besar Israel untuk Moskow, Alexander Ben Zvi, kepada surat kabar Kommersant minggu ini. Dia menambahkan bahwa “sangat tidak masuk akal” untuk menyatakan bahwa ada hubungan Rusia dengan serangan yang dilakukan oleh Hamas di Israel.

“Saya belum melihat adanya bukti adanya pasokan senjata Rusia langsung ke Hamas, atau adanya pelatihan militer Rusia terhadap agen Hamas,” kata Hanna Notte, pakar Rusia dan Timur Tengah di James Martin Center for Nonproliferation Studies yang berbasis di Berlin.

“Benar bahwa Rusia memiliki hubungan yang lama dengan Hamas. Rusia tidak pernah menyatakan Hamas sebagai organisasi teroris. Delegasi Hamas berada di Moskow tahun lalu dan tahun ini.

“Tetapi saya tidak menyimpulkan bahwa ada dukungan militer yang luas. Meskipun kita tahu bahwa sistem buatan Rusia berhasil masuk ke Jalur Gaza, mungkin melalui Sinai [di Mesir] dan dengan bantuan Iran.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)