Khawatir Perang Makin Meluas, 25 Negara Evakuasi Warganya dari Israel

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 20:30 WIB
loading...
Khawatir Perang Makin Meluas, 25 Negara Evakuasi Warganya dari Israel
Perang Hamas melawan Israel yang memanas menyebabkan banyak negara memilih mengevakuasi warganya dari Tel Aviv. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pemerintah di seluruh dunia telah mengatur penerbangan repatriasi dari Tel Aviv sebagai reaksi terhadap perang Israel -Gaza.

Berikut adalah 25 negara yang telah mengatur penerbangan khusus untuk membantu warganya meninggalkan Israel.

1. Australia

Melansir Al Jazeera, Australia telah mengatur dua penerbangan pada hari Jumat dan Minggu untuk membawa kembali warga negaranya dari Israel, kata Perdana Menteri Anthony Albanese pada hari Rabu.

2. Austria

Austria mengatakan pasukannya mulai mengevakuasi warga Austria dari Israel pada hari Rabu. Sebuah pesawat angkut dengan kapasitas sekitar 60 penumpang lepas landas dari pangkalan udara Horsching di Austria Hulu menuju Siprus. Dari sana, Austria akan dijemput dari Israel.

3. Brazil

Penerbangan repatriasi ketiga yang membawa 69 warga Brasil meninggalkan Israel pada Kamis malam setelah penerbangan masing-masing membawa 212 dan 211 penumpang pada Rabu dan Kamis pagi, kata kedutaan Brasil di Tel Aviv. Dua penerbangan lagi direncanakan hingga Minggu.

4. Kanada

Air Canada akan mengoperasikan dua penerbangan khusus pada hari Jumat dan Sabtu dari Athena untuk membawa pulang warga Kanada dan penduduk tetap dari Israel.

Sekitar 1.000 warga Kanada di Israel ingin meninggalkan Israel, kata Pusat Urusan Israel dan Yahudi pada hari Selasa.

5. Chile

Sebanyak 209 warga Chile telah dievakuasi ke Athena dan Madrid dari Israel dengan tiga penerbangan Boeing 737, kata Kementerian Luar Negeri melalui media sosial pada Kamis.

6. Kolumbia

Penerbangan awal dengan 110 warga Kolombia mendarat di pangkalan udara Komando Udara Transportasi Militer di pinggiran Bogota pada hari Jumat, kata Kementerian Luar Negeri melalui media sosial.


7. Siprus

Sebuah komite kementerian Siprus pada hari Selasa mengaktifkan skema repatriasi yang dikenal sebagai Estia, yang menawarkan akomodasi sementara dan bantuan kepada warga negara Uni Eropa dan negara-negara berkembang yang melarikan diri dari wilayah krisis.

Pejabat penerbangan mengatakan 11 penerbangan tambahan ke dan dari Israel telah diatur pada hari Senin. Ini termasuk jadwal repatriasi sekitar 150 jamaah Siprus dari Israel pada hari Senin.

8. Republik Ceko

Menteri Luar Negeri Ceko Jan Lipavsky membawa 34 warga Ceko kembali dari Israel bersamanya dengan pesawat pemerintah setelah ia singgah di negara tersebut saat kembali dari konferensi di Oman.

Menteri yang merupakan pejabat asing pertama yang mengunjungi Israel sejak serangan itu, kata pemerintah Ceko, tidak menutup kemungkinan akan mengirimkan penerbangan repatriasi lagi ke Israel. Lipavsky tiba di Israel pada hari Selasa dan mendarat di Praha pada hari Rabu pagi.

9. Denmark

Pemerintah Denmark menyediakan pesawat kargo C-130 Hercules, yang dapat membawa sekitar 120 penumpang, untuk mengevakuasi warganya, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri kepada kantor berita Reuters.

Kementerian mengatakan penerbangan tersebut tidak akan beroperasi sebelum hari Jumat.

10. Finlandia

Penerbangan evakuasi pertama warga Finlandia dari Israel dibatalkan karena masalah teknis, kata Jussi Tanner, direktur jenderal layanan konsuler di Kementerian Luar Negeri, melalui media sosial.

Tanner menambahkan bahwa penerbangan gabungan Swedia dan Finlandia, dijadwalkan pada hari Jumat, dan penerbangan evakuasi Finlandia kedua sesuai jadwal.

11. Prancis

Prancis akan mengatur penerbangan repatriasi tambahan dari Tel Aviv pada hari Jumat dan Sabtu setelah penerbangan khusus Air France pada hari Kamis.

12. Jerman

Maskapai penerbangan Jerman Condor merencanakan dua penerbangan pada hari Minggu dengan kapasitas total di bawah 500 penumpang untuk mengevakuasi warga Jerman dari kota Aqaba di Yordania dekat perbatasan Israel melalui koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Federal.

Lima ribu warga Jerman telah mendaftar untuk meninggalkan Israel, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri pada hari Rabu, dan menambahkan bahwa kementerian tidak dapat mengatakan berapa banyak orang yang telah meninggalkan Israel sejauh ini.

13. Islandia

Kementerian Luar Negeri Islandia mengatakan sebuah pesawat yang membawa 126 warga Islandia, lima warga Faroe, empat warga Norwegia, dan 12 warga Jerman serta awak penerbangan dan perwakilan kementerian, telah berangkat menuju Keflavik di Islandia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan penerbangan itu disewa dan dibiayai oleh Kementerian Luar Negeri Islandia.

14. Italia

Italia mengatur tujuh penerbangan pada hari Selasa dan Rabu sebagai bagian dari upaya untuk memulangkan sekitar 900 warga Italia dari Israel, kata Kementerian Luar Negeri Italia.

15. Meksiko

Penerbangan terakhir yang membawa pulang warga Meksiko dari Israel mendarat pada hari Kamis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)