Khawatir Perang Makin Meluas, 25 Negara Evakuasi Warganya dari Israel

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Tentara Meksiko melakukan penerbangan kemanusiaan yang bertujuan untuk memulangkan warganya, kata pemerintah pada hari Senin.

Sekitar 5.000 warga negara Meksiko berada di Israel dan sekitar 300 orang telah meminta untuk meninggalkan Israel, kata Presiden Andres Manuel Lopez Obrador.

16. Belanda

Belanda akan melanjutkan penerbangan repatriasi untuk mengeluarkan warganya dari Israel selama diperlukan, kantor berita Belanda ANP melaporkan, mengutip pemerintah.

Kementerian Luar Negeri Belanda mengirim pesawat militer ke Israel pada hari Kamis setelah maskapai penerbangan KLM mengatakan pihaknya telah menarik tawaran penerbangan kepada pemerintah Belanda, dengan alasan masalah keamanan.

17. Norwegia

Norwegia Air membatalkan rencana penerbangan evakuasi dari Tel Aviv ke Oslo pada hari Kamis karena kurangnya perlindungan asuransi, kata maskapai tersebut.

18. Polandia

Polandia akan mengirim pesawat militer untuk mengevakuasi warganya dari Israel, kata Presiden Andrzej Duda pada hari Minggu. Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak mengatakan Polandia mengirimkan dua pesawat Hercules C-130 untuk mengevakuasi sekitar 200 warga Polandia dari Bandara Ben Gurion.

19. Portugal

Kedatangan pesawat militer Portugis pada hari Kamis di Lisbon yang membawa 22 orang – delapan warga negara Portugis dan 14 warga negara asing – mengakhiri misi negara tersebut untuk memulangkan warga negara yang ingin meninggalkan Israel, kata Kementerian Luar Negeri.

20. Korea Selatan

Sebuah pesawat Korean Air yang membawa 192 warga Korea Selatan dari Tel Aviv tiba di bandara Incheon, tepat di luar ibu kota, Seoul, pada hari Rabu.

21. Spanyol

Spanyol telah mengirim dua pesawat militer ke Israel untuk mengevakuasi sekitar 500 warga Spanyol, kata penjabat Menteri Pertahanan Margarita Robles pada hari Selasa.

Sebuah Airbus A330 yang membawa lebih dari 200 warga Spanyol, warga negara Uni Eropa, dan warga negara dari negara lain yang tinggal di Spanyol mendarat pada Rabu pagi di pangkalan militer Torrejon de Ardoz di pinggiran Madrid.

22. Swiss

Warga negara Swiss diterbangkan dari Israel ke Zurich pada hari Selasa dengan penerbangan yang dioperasikan oleh Swiss International Air Lines.

23. Thailand

Perdana Menteri Srettha Thavisin mengatakan di media sosial pada hari Senin bahwa evakuasi akan segera dimulai. Pada hari Kamis, 15 warga Thailand tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok dari Tel Aviv.

24. Ukraina

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko mengatakan di Facebook bahwa lebih dari 1.000 warga Ukraina telah meminta bantuan untuk meninggalkan Israel, dan menambahkan bahwa penerbangan evakuasi pertama akan diselenggarakan ke Rumania pada hari Sabtu.

Nikolenko juga mengatakan sekitar 200 warga Ukraina telah meminta untuk dievakuasi dari Jalur Gaza tetapi hal itu terlalu berbahaya untuk dilakukan saat ini.

25. Amerika Serikat

Departemen Luar Negeri AS akan menawarkan penerbangan charter untuk membantu warga Amerika meninggalkan Israel mulai hari Jumat, kata Gedung Putih setelah pembicaraan ekstensif dengan maskapai penerbangan AS dan tekanan dari Kongres.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)