5 Negara NATO dengan Penganut Yahudi Terbanyak

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 17:32 WIB
loading...
5 Negara NATO dengan Penganut Yahudi Terbanyak
Warga Yahudi di Jerman ikut memberikan dukungan bagi Israel. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - North Atlantic Treaty Organization atau disingkat NATO adalah aliansi pertahanan militer internasional yang terdiri dari 31 negara anggota.

Selain tujuan utamanya untuk memastikan keamanan dan pertahanan bersama, anggota NATO juga memiliki keragaman budaya, agama, dan latar belakang etnis.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keanekaragaman ini adalah komposisi agama di masing-masing negara anggota. Salah satu agama yang diakui di beberapa negara anggota NATO adalah Yudaisme.



Sebagaimana diketahui, negara dengan jumlahYahudi terbanyak di dunia adalah Israel. Meskipun Israel merupakan negara sekutu Amerika Serikat yang merupakan pendiri NATO, namun Israel bukan bagian dari NATO.

Artikel ini akan membahas negara anggota NATO dengan penganut Yahudi terbanyak dan bagaimana kehadiran komunitas Yahudi mempengaruhi dinamika sosial dan politik di negara-negara tersebut.

Negara NATO dengan Penganut Yahudi Terbanyak

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki populasi Yahudi yang besar, menjadi salah satu komunitas Yahudi terbesar di dunia di luar Israel. Saat ini penganut Yahudi di Amerika Serikat mencapai 5,7 juta orang.

Sebagai salah satu negara pendiri NATO, Amerika Serikat memiliki pengaruh besar dalam kebijakan dan keputusan aliansi ini.

Komunitas Yahudi yang besar di Amerika Serikat juga mempengaruhi kebijakan luar negeri terkait dengan Israel dan kebijakan terkait keamanan di Timur Tengah.


2. Prancis

Prancis adalah salah satu negara anggota NATO di Eropa dengan populasi Yahudi yang cukup besar. Di tahun 2023, penganut agama Yahudi di Prancis mencapai 448,000 orang di negara ini.

Komunitas Yahudi di Prancis memiliki pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan sosial dan politik di negara ini. Tantangan dan isu terkait anti semitisme juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah Prancis dan komunitas internasional.

3. Kanada

Kanada, negara ini juga memiliki komunitas Yahudi yang cukup besar, terutama di kota-kota seperti Toronto, Montreal, dan Vancouver. Jumlah penganut Yahudi di negara ini mencapai 393,000 umat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)