Arkeolog Israel Menemukan 'Wajah Tuhan'

Selasa, 04 Agustus 2020 - 16:27 WIB
loading...
A A A
Artefak tanah liat menampilkan mata, telinga, dan hidung yang menonjol. Di Tel Moza, mereka ditemukan di sebuah kuil, sementara di Kirbhet Qeiyafa mereka ditemukan di sebuah gedung administrasi di bagian atas situs. "Dalam kedua kasus, kami tidak berbicara tentang ruang pribadi tetapi ruang publik," ujarnya.

Artefak saat ini di Museum Israel adalah kapal tembikar yang diperoleh di pasar barang antik. Tetapi menurut catatan Moshe Dayan Collection, mereka ditemukan di daerah Hebron Hills, dan Garfinkel percaya bahwa mereka mungkin awalnya digali di gua pemakaman.

Konteks di mana benda itu ditemukan, kata dia, menunjukkan sifat ilahi dari gambar.

“Sekarang pertanyaannya adalah: Siapakah Tuhan yang mereka wakili? Kami akrab dengan panteon Kanaan dan semua Tuhan yang berbeda, dan kami memiliki patung-patung Kanaan yang menggambarkan mereka," katanya.

“Namun, patung-patung ini sangat berbeda, jadi mereka tidak menggambarkan salah satunya. Kita tahu bahwa di Yehuda ada Tuhan baru. Jika ini bukan Tuhan Yehuda (God of Judah), siapakah itu? Ini adalah pemahaman saya tentang itu."

Patung dua kepala Tel Moza ditemukan di dekat patung-patung kuda, sementara salah satu artefak dari koleksi Moshe Dayan Collection, ditemukan utuh, menggambarkan kepala menunggang kuda—dengan hampir tidak ada mayat di antaranya. Dalam Alkitab Ibrani, kata Garfinkel, Tuhan kadang-kadang digambarkan sebagai penunggang.

“Lihat, Tuhan mengendarai awan yang cepat dan datang ke Mesir, maka berhala-berhala Mesir gemetar di hadapan-Nya, dan hati orang Mesir, merana hancur dalam diri mereka," bunyi Yesaya 19: 1.

Ditanya apakah mungkin patung-patung itu menggambarkan seorang raja, Garfinkel mengatakan tidak ada tradisi di Yehuda yang menganggap raja sebagai Tuhan, bertentangan dengan kebiasaan di peradaban lain.

Dia mengakui bahwa teorinya agak revolusioner, tetapi dia mengundang para sarjana yang mengkritiknya untuk mengajukan pandangan alternatif.

"Kami berada di depan sebuah teka-teki, dan kami perlu menyatukannya untuk menemukan makna," katanya kepada The Jerusalem Post.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)