5 Skenario Israel Memanggil 360.000 Tentara Cadangan, dari Invasi Gaza hingga Mengamankan Perbatasan

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 12:02 WIB
loading...
5 Skenario Israel Memanggil 360.000 Tentara Cadangan, dari Invasi Gaza hingga Mengamankan Perbatasan
Israel memberlakukan wajib militer sehingga memiliki tentara candangan yang cukup besar. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menyusul serangan mendadak pekan lalu dan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh pejuang Hamas, Israel secara resmi menyatakan keadaan perang dan memulai mobilisasi besar-besaran.

Al Jazeera melaporkan bahwa 360.000 tentara cadangan telah dipanggil. Mereka akan menambah kekuatan militer aktif yang berjumlah lebih dari 150.000 orang, sehingga memberi Israel setengah juta pria dan wanita berseragam.

Pemanggilan tentara cadangan tidak lepas karena Israel menerapkan kebijakan wajib militer. Di sebagian besar angkatan bersenjata di dunia yang menggunakan wajib militer, peningkatan jumlah prajurit sebanyak tiga kali lipat biasanya memerlukan waktu berbulan-bulan, bukan berminggu-minggu. Israel akan mencapai hal tersebut lebih cepat, paling lama dalam beberapa minggu.

Elemen-elemen kunci yang memungkinkan dilakukannya pengerahan pasukan secara cepat mencakup kesadaran penduduk akan perlunya berpartisipasi aktif dalam pertahanan, pelatihan intensif selama wajib militer yang berlangsung selama tiga tahun untuk laki-laki dan dua tahun untuk perempuan, periode penyegaran dalam cadangan aktif selama beberapa minggu setiap tahunnya , perencanaan yang baik, teruji dan terbukti dalam berbagai konflik internasional dan internal di masa lalu, dan wilayah yang cukup kecil dengan jarak yang pendek bahkan dari titik terjauh sekalipun.



Pasukan cadangan dapat melapor ke stasiun atau barak mereka dengan sangat cepat sehingga sistem tersebut sering kali dengan sengaja memperlambat laju penerimaan agar dapat memproses semua kedatangan. Namun demikian, penambahan pasukan akan berlangsung cepat dan dapat diasumsikan bahwa, pada akhir pekan mendatang, tentara Israel akan memiliki setidaknya setengah dari pasukan cadangan yang bertugas di lokasi yang ditentukan.

Berikut adalah 5 skenario Israel dalam memanggil 360.000 tentara cadangan.

1. Tak Semua Pasukan Cadangan Akan Dikirim ke Gaza

5 Skenario Israel Memanggil 360.000 Tentara Cadangan, dari Invasi Gaza hingga Mengamankan Perbatasan

Foto/Reuters

Pasukan ofensif akan dikerahkan di posisi yang dapat menyerang Gaza dan mencapai tujuan militer apa pun yang ditetapkan oleh komando Israel. Hal tersebut akan dibahas pada hari-hari berikutnya dalam analisis ini.

Besar kecilnya kekuatan tersebut akan ditentukan oleh tugas pastinya, yang tidak diketahui dan tentunya merupakan salah satu rahasia militer Israel yang paling dijaga ketat. Namun hal ini juga akan ditentukan, atau dibatasi, oleh besarnya potensi medan perang: garis kontak antara Jalur Gaza dan Israel hanya sepanjang 51 km.

Perhitungan militer konvensional menunjukkan bahwa apa pun tujuan akhir pasukan yang menyerang Gaza, jumlah mereka akan jauh di bawah 100.000, mungkin hanya setengah dari jumlah tersebut.

Akankah Gaza diserang oleh setengah juta tentara? Tidak, gagasan itu tentu saja belum pernah dipertimbangkan oleh komando tinggi Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)