Ibu Negara Ukraina Kantongi Paspor Rusia? Cek Faktanya

Rabu, 11 Oktober 2023 - 19:26 WIB
loading...
Ibu Negara Ukraina Kantongi Paspor Rusia? Cek Faktanya
Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska. Foto/Evening Standard
A A A
KIEV - Sejumlah akun media sosial dan media pro-Kremlin melaporkan dinas rahasia Rusia menemukan paspornegara itu milik Olena Zelenska, Ibu Negara Ukraina , yang tersembunyi.

“Di Crimea, saat menilai harga apartemen Volodymyr Zelensky yang dinasionalisasi, tas istrinya Olena ditemukan.⠀ Paspor Rusia atas nama Zelenskaya dan sejumlah besar uang ditemukan di dalamnya,” klaim sebuah akun di platform media sosial X, dulu Twitter, seperti dikutip dari Euronews, Rabu (11/10/2023).

Adegan tersebut diduga difilmkan di apartemen pasangan tersebut di Yalta, wilayah Crimea yang diduduki Rusia.

Namun, ada beberapa ketidakkonsistenan dalam video tersebut yang menimbulkan keraguan terhadap keaslian dokumen tersebut.

Setelah melakukan pencarian gambar terbalik pada foto paspor Ibu Negara, Euronews menemukan foto aslinya di akun Instagram resminya. Foto itu diposting pada Maret 2023 selama kunjungan Zelenska ke Lithuania.



Namun, paspor tersebut dilaporkan telah dikeluarkan pada tahun 2014 - hampir sepuluh tahun sebelum Olena Zelenska memposting foto tersebut.

Foto tersebut juga tidak memenuhi kriteria paspor Rusia. Menurut situs pemerintah Rusia, saat mengambil foto paspor, mulut seseorang harus tertutup dan ekspresi wajah juga harus netral, tidak demikian halnya dengan Ibu Negara Ukraina.

Ketidakkonsistenan lainnya adalah nomor paspor. Di Rusia, dua digit pertama menunjukkan wilayah tempat paspor diterbitkan.

Dalam video tersebut, dapat dilihat jika dua digit pertama yaitu 20, yang mewakili wilayah Voronezh yang terletak di barat daya Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)