Kenapa Operasi Badai Al-Aqsa Sangat Efektif? Salah Satunya Rakyat Israel Terpecah Belah

Selasa, 10 Oktober 2023 - 02:40 WIB
loading...
Kenapa Operasi Badai Al-Aqsa Sangat Efektif? Salah Satunya Rakyat Israel Terpecah Belah
Operasi Badai Al-Aqsa merupakan strategi tempur Hamas paling efektif sepanjang sejarah. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Serangan mendadak tersebut mungkin telah menyatukan warga Israel untuk saat ini, namun kemarahan terhadap pemerintah Israel hanya akan semakin bertambah, kata para analis.

Serangan mendadak yang dilakukan Hamas pada Sabtu (7/10/2023) telah membuat warga Israel terkejut dan marah terhadap pemerintah yang dianggap gagal melindungi mereka. Namun para analis mengatakan dampak politiknya harus menunggu ketika tentara melancarkan perang di Gaza.

"Serangan tersebut, yang tampaknya diabaikan oleh badan intelijen Israel, menandai kegagalan besar,” kata pensiunan Kolonel Miri Eisin, direktur pelaksana Institut Internasional untuk Kontra-Terorisme Israel, dilansir Al Jazeera.

“Suara-suara kritis akan muncul, tapi hal itu bukanlah fokus di Israel saat ini. Kita harus melewati [perang] ini, lalu kita akan mulai menuding,” katanya kepada Al Jazeera. “Ini akan sangat keras dan mengerikan, tapi itu akan terjadi setelah kita stabil.”

Hamas melancarkan operasi yang belum pernah terjadi sebelumnya saat fajar pada hari Sabtu, menembakkan ribuan roket ke Israel selatan, mengirim pejuang jauh ke wilayah Israel dan menculik lebih dari 100 warga Israel.

Israel dengan cepat merespons dengan serangan udara terhadap Jalur Gaza yang penuh sesak dan terkepung.

Serangan udara Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari ratusan orang, termasuk 20 anak-anak. Sekitar ratusan warga Israel tewas dalam serangan Hamas.

Bentrokan sedang berlangsung antara pejuang Hamas dan pasukan Israel di Israel selatan di kota Ashkelon dan Sderot dan di sebuah kibbutz di Karmia.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan cepat mengumumkan bahwa Israel akan “membebankan harga yang sangat besar kepada musuh” di Gaza dan mengancam akan mengubah daerah kantong Palestina menjadi “pulau terpencil”.

Israel telah menempatkan wilayah miskin berpenduduk 2,3 juta orang itu di bawah blokade darat, udara dan laut sejak tahun 2007 dan melancarkan serangan berulang kali terhadap wilayah tersebut untuk melawan Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, dan kelompok bersenjata lainnya, dengan alasan bahwa Israel perlu bertindak tegas untuk menghentikan mereka. menembakkan roket ke Israel.

Namun operasi Israel belum berhasil menggulingkan kelompok bersenjata tersebut dari kekuasaannya atau menghentikan serangan roket karena warga Palestinalah yang paling banyak menderita korban jiwa.

Serangan hari Sabtu yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dipicu oleh video sandera Israel dan orang-orang yang bersuka ria di festival musik dekat Gaza yang melarikan diri ke Gurun Naqab setelah pejuang Hamas menyerang dengan paralayang, menewaskan hingga 250 orang.

Mengapa Operasi Badai Al-Aqsa sangat efektif dijalankan oleh Hamas? Berikut 4 alasannya.

1. Pemerintah Israel dalam Kondisi Lengah

Kenapa Operasi Badai Al-Aqsa Sangat Efektif? Salah Satunya Rakyat Israel Terpecah Belah

Foto/Reuters

Julia Elad-Strenger, asisten profesor politik di Universitas Bar Ilan Israel, mengatakan masyarakat Israel terguncang dan akan bersatu untuk memberikan tanggapan yang keras.

“Kejutan besar yang disebabkan oleh penculikan dan penyerangan warga sipil oleh Hamas dengan cara yang terorganisir, di dalam wilayah Israel, memberikan legitimasi yang sangat kuat di seluruh spektrum politik untuk operasi militer yang cukup dramatis di Gaza,” katanya kepada Al Jazeera.

Namun pemerintah juga menghadapi kritik keras, bahkan dari dalam negeri, karena dianggap lengah.

Krisis ini merupakan pukulan berat bagi Netanyahu, yang telah berulang kali dikepung oleh krisis politik dan tuduhan korupsi yang mengancam akan menjebloskannya ke penjara.

2. Israel Sedang Mengalami Krisis Politik

Kenapa Operasi Badai Al-Aqsa Sangat Efektif? Salah Satunya Rakyat Israel Terpecah Belah

Foto/Reuters

Michael Stephens, seorang peneliti di lembaga riset pertahanan dan keamanan Royal United Services Institute yang berbasis di Inggris, mengatakan serangan itu “menghancurkan secara politik bagi Netanyahu”.

“Pemerintah ini dimaksudkan untuk menjadi pihak yang memperhatikan keamanan dengan serius, namun mereka tidak memberikan apa-apa,” katanya.

“Tidak mungkin mereka keluar dari situasi ini dengan penampilan yang bagus. Akan sangat, sangat sulit bagi seorang PM Israel untuk bertahan dalam situasi ini.”

Namun perdana menteri Israel yang paling lama menjabat ini memiliki reputasi yang baik sebagai orang yang selamat, dan mungkin terlalu dini untuk menulis berita kematian politiknya.

Pada hari yang sama dengan serangan itu, Netanyahu dan saingan beratnya, pemimpin oposisi Yair Lapid dan Benny Gantz, secara terbuka mempertimbangkan gagasan pembentukan pemerintahan darurat yang luas.

3. Pemerintahan Sayap Kanan Israel Memicu Kemarahan Rakyat Israel

Kenapa Operasi Badai Al-Aqsa Sangat Efektif? Salah Satunya Rakyat Israel Terpecah Belah

Foto/Reuters

Hal ini akan menggantikan pemerintahan yang secara luas dipandang sebagai salah satu pemerintahan paling sayap kanan dalam sejarah Israel, baik dalam hal kebijakannya terhadap Palestina dan dalam hal agenda domestiknya – terutama rencana kontroversial untuk mensterilkan sistem peradilan Israel, yang memainkan peran penting. dalam memeriksa kekuasaan eksekutif.

Rencana reformasi tersebut, yang didukung oleh beberapa mitra koalisi sayap kanan Netanyahu, telah memicu protes massal selama berbulan-bulan oleh warga Israel yang khawatir hal itu akan mengakhiri demokrasi mereka.

Elad-Strenger mengatakan, jika Lapid dan Gantz bergabung dengan pemerintah, hal itu dapat melemahkan atau mengesampingkan anggota sayap kanan. Hal ini pada gilirannya akan memberi Netanyahu cara untuk membatalkan reformasi peradilan, yang telah merusak reputasinya di mata para pemilih, namun masih memungkinkannya untuk tetap berkuasa.

“Tentu saja, hal ini juga dapat menguntungkan pihak oposisi karena akan mendorong kekuatan yang lebih ekstrim keluar,” katanya.

“Semua angka yang kami miliki menunjukkan bahwa jika pemerintahan ini jatuh, mereka tidak akan mempunyai kesempatan lagi untuk mendapatkan pijakan yang kuat.”

Skenario tersebut mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan untuk terwujud jika terjadi konflik berkepanjangan di Gaza.

Sementara itu, protes anti-Netanyahu masih terhenti. Penyelenggara membatalkan protes pada Sabtu malam, dengan alasan situasi keamanan dan menyuarakan dukungan kepada tentara.


4. Munculnya Gerakan Protes dalam Beberapa Bulan Terakhir

Kenapa Operasi Badai Al-Aqsa Sangat Efektif? Salah Satunya Rakyat Israel Terpecah Belah

Foto/Reuters

Elad-Strenger mengatakan beberapa orang sudah mulai bertukar tuduhan dengan kelompok sayap kanan yang menuduh gerakan protes menciptakan ketidakstabilan dan membuat militer tidak siap, sementara kelompok sayap kiri menyalahkan Netanyahu dan para menterinya atas provokasi terhadap warga Palestina.

Namun Eisin mengatakan para politisi dan pengunjuk rasa sama-sama telah menghentikan “permainan saling menyalahkan”.

“Kita harus bersatu untuk berjuang,” katanya. “Semuanya telah dikesampingkan. Banyak dari pengunjuk rasa adalah tentara cadangan [di angkatan bersenjata]. Mereka semua pergi ketika dipanggil. Tidak ada yang mengatakan mereka tidak akan pergi.”

Namun, kemungkinan besar ketika situasi sudah tenang, protes akan kembali terjadi.

“Warga Israel sangat marah terhadap pemerintah karena mengecewakan mereka. Ada perasaan bahwa negara telah melemah di bawah pengawasan Netanyahu,” kata Stephens.

“Perang ini akan terjadi, Israel akan bersatu. Namun Anda sudah bisa melihat bahwa ada keinginan untuk mendapatkan retribusi, bahwa ada sesuatu yang sangat buruk di negara bagian ini dan di seluruh sistem, dan akan ada harga yang harus dibayar secara politik.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)