Massa Pro-Palestina di Australia dan AS Rayakan Serangan Hamas terhadap Israel

Senin, 09 Oktober 2023 - 07:31 WIB
loading...
Massa Pro-Palestina di Australia dan AS Rayakan Serangan Hamas terhadap Israel
Massa pro-Palestina di Australia rayakan serangan besar-besaran Hamas terhadap Israel yang tewaskan lebih dari 700 orang. Foto/ABC.net.au
A A A
SYDNEY - Massa pro-Palestina berkumpul di Lakemba, barat daya Sydney, Australia, untuk merayakan serangan besar-besaran Hamas terhadap Israel. Aksi serupa juga terjadi di Amerika Serikat (AS).

Serangan besar Hamas, yang diberi nama Operasi Badai al-Aqsa, yang dimulai sejak Sabtu lalu telah menewaskan lebih dari 700 orang di Israel. Lebih dari 100 orang lainnya diculik.

Israel merespons dengan meluncurkan Operasi Pedang Besi, di mana jet-jet tempur Zionis membombardir Gaza dari Sabtu hingga Minggu. Lebih dari 400 orang, termasuk anak-anak, meninggal di Gaza, akibat serangan militer Zionis.

Massa pro-Palestina yang berkumpul di Lakemba pada Minggu malam, meneriakkan yel-yel “pendudukan adalah kejahatan” dan “Palestina akan bebas”.



Banyak di antara mereka yang memegang poster, termasuk “berhenti menganiaya umat Islam” dan “membela kaum tertindas”.

Syekh Ibrahim Dadoun, salah satu dari massa, mengatakan kepada orang-orang yang berkumpul bahwa serangan terhadap Israel adalah tindakan perlawanan.

“Saya tersenyum dan saya bahagia,” katanya, seperti dikutip ABC.net.au, Senin (9/10/2023).

“Saya gembira, ini adalah hari keberanian, ini adalah hari kebanggaan, ini adalah hari kemenangan. Ini adalah hari yang kita tunggu-tunggu," paparnya.

"Tujuh puluh lima tahun pendudukan. Lima belas tahun blokade. Apa yang terjadi kemarin adalah pertama kalinya saudara-saudari kita menerobos penjara terbesar di dunia."

Ketika ditanya mengenai unjuk rasa pro-Palestina tersebut, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan kepada Channel 9 bahwa serangan Hamas harus dikutuk, bukannya dipuji.

“Tidak ada yang perlu dirayakan dengan pembunuhan warga sipil tak berdosa yang terjadi pada hari-hari mereka,” katanya.

“Beberapa dari mereka yang ditangkap adalah anak-anak muda yang sedang menghadiri pesta, menikmati hidup dan menikmati kebersamaan satu sama lain," ujarnya. “Tidak ada yang perlu dirayakan di sini.”

Secara resmi dianggap sebagai kelompok teroris oleh pemerintah Australia, Hamas telah menguasai Gaza sejak mereka menggulingkan pasukan Fatah dalam perang saudara singkat pada tahun 2007.

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan penargetan warga sipil dan penyanderaan “tidak pernah menjadi alasan untuk merayakannya”.

“Apapun pandangan masyarakat mengenai sejarah konflik ini, kita tidak akan pernah bisa memaafkan tindakan yang menargetkan warga sipil dan penyanderaan dan saya yakin hal tersebut adalah sesuatu yang disetujui oleh banyak warga Australia,” katanya.

"Saya akan mendesak masyarakat untuk mengingat kembali apa yang terjadi di lapangan kepada individu-individu saat ini."

Wong mengatakan dia yakin adalah hal yang benar bagi Australia untuk mendesak pengendalian diri dan melindungi nyawa warga sipil.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Minggu, Dewan Imam Nasional Australia mengatakan pemerintah federal harus menghindari “pernyataan dukungan sepihak yang mengabaikan rakyat Palestina”.

Co-CEO Executive Council of Australian Jewry Alex Ryvchin mengecam unjuk rasa tersebut sebagai hal yang "memuakkan".

"Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa ini adalah salah satu hari paling kelam dalam sejarah orang-orang Yahudi," kata Ryvchin dalam sebuah pernyataan.

Sydney Opera House akan diterangi dengan lampu biru dan putih
Sebelum unjuk rasa pada Minggu malam.

Asosiasi Muslim Lebanon (LMA) yang bermarkas di Lakemba mengatakan mereka “dibutakan” oleh pernyataan Perdana Menteri Anthony Albanese bahwa Israel mempunyai hak untuk membela diri.

Dalam sebuah pernyataan, LMA menuduh Perdana Menteri tersebut munafik setelah mengunjungi Masjid Lakemba pada hari Jumat, berkampanye untuk referendum Voice dan menentang penindasan terhadap penduduk asli Australia.

“Rakyat Bangsa Pertama kita, warga Palestina yang baik, dan bangsa-bangsa lain yang menentang di seluruh dunia harus dianggap sama,” bunyi pernyataan itu.

Sementara itu, di Amerika Serikat (AS), kelompok aktivis mahasiswa dan Muslim pro-Palestina mendukung serangan Hamas terhadap Israel dan mengutuk negara Yahudi tersebut.

Sejumlah kelompok juga mengumumkan demonstrasi untuk mendukung serangan Hamas, yang diwarnai dengan penyusupan ratusan milisi ke Israel dalam serangan mendadak, membantai warga sipil dan tentara, menculik tawanan dan menghujani kota-kota Israel dengan roket.

Dewan Organisasi Muslim AS mengatakan memaklumi serangan terhadap Israel tanpa menyebut Hamas.

“Serangan Israel yang tidak beralasan dan terus-menerus baru-baru ini terhadap kota-kota Palestina, dan kamp-kamp pengungsi telah mengakibatkan hilangnya nyawa warga Palestina secara tragis," kata kelompok tersebut.

“Kami mengutuk pembunuhan warga sipil yang ditargetkan dan tanpa pandang bulu oleh Israel, termasuk anak-anak, wanita, dan orang tua yang tidak bersalah,” lanjut organisasi itu, menyalahkan Israel dan AS atas kekerasan.

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR), sebuah kelompok hak-hak sipil Muslim terkemuka, menyatakan dukungannya terhadap hak kebebasan rakyat Palestina.

Kelompok ini menyalahkan kebijakan Israel dan AS atas kekerasan tersebut, juga tanpa menyebut Hamas atau aksi teror, dan sependapat dengan pernyataan Dewan Organisasi Muslim.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)