Mengapa 4,4 Juta Pengungsi Afghanistan Jadi Beban bagi Pakistan?

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 19:35 WIB
loading...
A A A
Masuknya pengungsi pertama dimulai setelah invasi Soviet ke Afghanistan pada tahun 1979, yang mengakibatkan lebih dari tiga juta warga Afghanistan melarikan diri ke Pakistan. Selama bertahun-tahun, banyak dari mereka kembali ke rumah.

Gelombang ini diikuti oleh gelombang kedua pada tahun 2001 ketika Amerika Serikat menginvasi Afghanistan serangan 11 September.

UNHCR mengatakan 1,3 juta pengungsi Afghanistan tinggal di Pakistan, 50 persen di antaranya berada di provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan 24 persen di Balochistan.

Sebuah laporan yang dirilis pada bulan Juli oleh Refugees International, sebuah kelompok kemanusiaan independen yang mengadvokasi para pengungsi, mengatakan bahwa sejak jatuhnya Kabul ke tangan Taliban pada tahun 2021, lebih dari 600.000 warga Afghanistan telah melarikan diri ke Pakistan.


6. Pengungsi Afghanistan yang Terlibat Kejahatan Jadi Target Utama

Mengapa 4,4 Juta Pengungsi Afghanistan Jadi Beban bagi Pakistan?

Foto/Reuters

Pemerintah belum mengungkapkan rencana apa pun tentang bagaimana mereka akan mendeportasi orang-orang yang tidak memiliki dokumen.

Tugas untuk mengidentifikasi mereka telah diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri, dan polisi daerah serta Badan Investigasi Federal akan melaksanakan deportasi.

Pihak berwenang mengatakan satuan tugas akan dibentuk untuk memulai tindakan keras setelah batas waktu 1 November, dan warga Afghanistan yang tidak memiliki dokumentasi akan diserahkan kepada pejabat Afghanistan kecuali mereka dicari oleh pihak berwenang karena dugaan kegiatan kriminal.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)