5 Fakta Perang Oktober yang Mengubah Dunia, Salah Satunya Tidak Membela Palestina

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 21:49 WIB
loading...
5 Fakta Perang Oktober yang Mengubah Dunia, Salah Satunya Tidak Membela Palestina
Perang Oktober menjadi salah kesempatan menghancurkan Israel. Foto/Modern War Institute
A A A
RIYADH - Mereka menghitung bahwa Bar Lev Line, tanggul pasir sepanjang 150 km (93 mil) yang membentang dari Teluk Suez hingga Laut Mediterania, akan membutuhkan waktu 12 jam untuk dihancurkan dengan bahan peledak – cukup waktu untuk mengirim bala bantuan.

Namun ketika orang Mesir datang pada tanggal 6 Oktober 1973, mereka merobohkannya hanya dalam waktu tiga jam, dengan menggunakan pompa air.

“Beberapa menit setelah jam 14.20, ketika tabung-tabung itu mulai mengeluarkan awan asap yang menutupi, gelombang penyerangan pertama kami mengayuh dengan cepat melintasi kanal, gerakan mereka mengikuti irama nyanyian mereka, 'Allahu Akbar…Allahu Akbar…',” tulis Letnan Jenderal Saad el-Shazly, seorang komandan militer Mesir pada saat itu, dalam laporannya pada tahun 1980 tentang peristiwa tersebut yang berjudul Penyeberangan Suez, dilansir Al Jazeera.

“Pesawat [kami] meluncur rendah di atas kanal, bayangan mereka melintasi garis musuh saat mereka menuju jauh ke Sinai,” lanjut el Shazly. “Untuk keempat kalinya dalam karier saya, kami berperang dengan Israel.”

Serangan tersebut dilakukan bersamaan dengan serangan lain di utara, sebuah batalion pasukan Suriah yang melancarkan serangan untuk merebut kembali Dataran Tinggi Golan.

Pasukan Israel terkejut. Yom Kippur diperingati di negara Yahudi tersebut dan Ramadhan di tempat lain di Timur Tengah, namun hal itu tidak menghalangi dimulainya Operasi Badr.

Setelah meraih kemenangan besar dalam merebut wilayah yang empat kali lipat luasnya dalam perang Arab-Israel tahun 1967, Israel tidak pernah mengantisipasi serangan seperti ini.

Pertempuran pertama ini berkembang menjadi perang berdarah selama 19 hari yang dikenal dengan beberapa nama: Perang Oktober, Perang Yom Kippur, Perang Ramadhan, atau Perang Arab-Israel tahun 1973.

Lima puluh tahun kemudian, terlihat jelas bahwa perang tersebut tidak hanya mengubah kawasan dan masa depan hubungan Arab-Israel, tetapi juga dunia, ketika perang tersebut mengguncang orbit Perang Dingin, mengubah pendekatan AS terhadap Timur Tengah.

Bagaimana Perang Oktober mengubah dunia? Berikut adalah 5 fakta Perang Oktober.

1. Mesir dalam Kondisi Terbaik

5 Fakta Perang Oktober yang Mengubah Dunia, Salah Satunya Tidak Membela Palestina

Foto/Britannica

Tewfick Aclimandos baru berusia 14 tahun ketika perang dimulai tetapi dia memiliki ingatan yang signifikan, meski samar-samar, tentang perang tersebut.

Aclimandos, direktur unit studi Eropa di Pusat Studi Strategis Mesir dan profesor di Universitas Kairo, tidak berhasil atau gagal, itu masih merupakan “saat terbaik Mesir”.

"Perebutan kembali Semenanjung Sinai dari Israel merupakan kemenangan yang memperkuat kekuatan tentara Mesir di bawah kepemimpinan Presiden Anwar Sadat," katanya. Hal ini memberikan legitimasi kepada setiap penerus Sadat yang mengambil bagian dalam upaya perang, tambahnya.

“Kami adalah bapak pendiri, kami adalah pelindung Mesir,” demikian pesan tentara setelah merebut kembali Sinai, kenang Aclimandos.

Maka tidak mengherankan jika pada tahun-tahun berikutnya, peringatan perang dirayakan secara luas, mulai dari tiket masuk gratis ke museum militer pada tanggal 6 Oktober hingga upacara dan parade.

Sama seperti fokus Kairo dalam merebut kembali Sinai, Damaskus juga fokus pada Dataran Tinggi Golan. Israel telah merebut kedua wilayah tersebut dalam perang tahun 1967, serta menduduki sisa wilayah Palestina.


2. Tidak Membalas Penderitaan Rakyat Palestina

5 Fakta Perang Oktober yang Mengubah Dunia, Salah Satunya Tidak Membela Palestina

Foto/Britannica

Kondisi sudah matang untuk Perang Oktober di benak orang-orang Arab: Front Arab menuju pertempuran untuk membalas penderitaan rakyat Palestina dan merebut kembali wilayah mereka sendiri.

Namun, peristiwa Perang Oktober tidak memajukan perjuangan Palestina. Menurut Sami Hamdi, direktur pelaksana International Interest, sebuah perusahaan risiko politik yang berfokus pada Timur Tengah, kenyataannya, hal ini merupakan “kegagalan besar” dalam hal ini.

“Negara-negara Arab yang memulihkan keadilan bagi Palestina hancur total akibat Perang Oktober,” katanya kepada Al Jazeera.

Hamdi mengungkapkan, meskipun diyakini bahwa dua tentara paling kuat di wilayah tersebut adalah waktu akan mampu melawan pendudukan Israel, perang malah berakhir dengan normalisasi hubungan Mesir dengan Israel.

"Kairo dan Damaskus mengobarkan perang demi kepentingan mereka sendiri dan kepentingan Palestina adalah hal kedua," ujarnya. "Akibatnya, kepemimpinan Arab di wilayah tersebut rusak sepenuhnya oleh peristiwa perang tersebut," imbuhnya.

3. Front Persatuan Arab Terpecah

Namun perang tersebut menunjukkan bahwa front persatuan Arab dapat dimanfaatkan untuk memacu tindakan di panggung dunia.

Ketika gelombang perang berbalik menguntungkan Israel dan pertempuran menemui jalan buntu 12 hari setelah konflik, negara-negara penghasil minyak Arab, di bawah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), memutuskan untuk mengurangi produksi minyak mereka sebesar 5 persen.

Negara-negara tersebut menyatakan bahwa mereka akan mempertahankan tingkat pengurangan yang sama setiap bulan sampai pasukan Israel menarik diri dari wilayah Arab yang diduduki pada tahun 1967, dan hak-hak warga Palestina dipulihkan. Mereka juga memberlakukan embargo terhadap AS dan menghentikan pasokan minyak.

Tindakan ini menyebabkan harga minyak melonjak – dan mempengaruhi jalannya Perang Dingin.

4. Soviet Mendukung Negara Arab, AS Dukung Israel

Soviet telah memasok senjata ke negara-negara Arab, sementara AS mendukung Israel, namun embargo tersebut membuat AS kesulitan mencari solusi atas konflik tersebut.

“Ini juga merupakan kesempatan untuk mengusir [Soviet],” Yossi Mekelberg, pakar Israel di Chatham House, mengatakan kepada Al Jazeera.

Oleh karena itu, Henry Kissinger datang, mantan penasihat keamanan nasional AS, yang melakukan perjalanan dari Kairo ke Damaskus, ke Tel Aviv dalam upaya untuk menjalin perdamaian Arab-Israel.

“Diplomasi antar-jemput – sebutan untuk upaya perdamaian – berhasil, karena menghasilkan gencatan senjata yang akan mengakhiri perang," kata Mekelberg.

Nimrod Goren, peneliti senior urusan Israel di Middle East Institute, setuju dengan hal tersebut dan mengatakan bahwa peristiwa tersebut sangat penting dalam mengubah dunia dari era perang ke era diplomasi.

“Itu adalah momen yang menentukan,” katanya kepada Al Jazeera.

Hamdi menjelaskan, namun diplomasi AS yang diprakarsai Kissinger dengan masing-masing negara justru memecah belah front persatuan Arab. Misalnya, kata Hamdi, Kissinger mungkin mengatakan kepada orang Mesir, “Saya bisa meyakinkan Israel untuk menyerahkan Sinai”.

Oleh karena itu, ia melakukan upaya bersama untuk membangun hubungan berdasarkan kepentingan individu yang pada akhirnya menggantikan hubungan pan-Arab, jelas analis tersebut.

Hal ini akan tercermin pada tahun-tahun mendatang, khususnya dalam Perang Teluk tahun 1990, kata Hamdi, ketika Irak menginvasi Kuwait dan koalisi pimpinan AS, yang mencakup negara-negara Arab lainnya, datang untuk membela Kuwait.

5. Diplomatik Ulang Alik Kisinger

5 Fakta Perang Oktober yang Mengubah Dunia, Salah Satunya Tidak Membela Palestina

Foto/Britannica

Diplomasi ulang-alik Kissinger akhirnya memutuskan hubungan Mesir dengan Arab ketika Kairo menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pasca perang, Sadat mencoba memecahkan kebuntuan perjanjian perdamaian Arab-Israel, kata Mekelberg.

Pada tahun 1977, mantan presiden Mesir muncul di Yerusalem untuk memberikan pidato tentang perdamaian di parlemen Israel, dan menjadi pemimpin Arab pertama yang mengunjungi Israel.

Hal ini diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Camp David pada tahun 1979, atas perintah Presiden AS Jimmy Carter, yang mengundang Sadat dan Perdana Menteri Israel saat itu, Menachem Begin, untuk mengadakan retret di Washington.

Perjanjian tersebut menjadi dasar perjanjian damai Mesir-Israel – yang membuat Mesir lepas dari Liga Arab.

“Mesir telah menjual habis orang-orang Palestina” adalah sentimen umum, kata Hamdi.

Posisi Sadat, sementara itu, adalah bahwa Mesir telah melakukan yang terbaik untuk berperang demi kepentingan Palestina dan tidak dapat diharapkan untuk memberikan keadilan sendirian, kata analis tersebut.

Oleh karena itu, perjanjian damai ini bertujuan untuk melepaskan diri dari Israel, sementara para pemimpin dan masyarakatnya masih menyimpan kebencian yang mendalam terhadap pendudukan Israel, jelas Hamdi.

Israel, pada bagiannya, juga berinvestasi dalam memperbaiki keadaan di Kairo – pelajaran terbesarnya dari perang ini adalah perlunya perdamaian dengan negara-negara tetangganya, kata Goren.

Perang tahun 1967 telah meningkatkan kepercayaan Israel terhadap kekuatan militernya, dan negara yang baru terbentuk ini yakin bahwa negara tersebut tidak terkalahkan, kata Mekelberg. Perang Oktober mengubah persepsi itu dengan cepat.

Hanya ada sedikit keberhasilan dalam perdamaian Arab-Israel dalam 50 tahun sejak perang, namun perjanjian perdamaian Israel-Mesir setidaknya sebagian besar masih utuh, kata Goren.

Bagi komandan Mesir yang berada di garis depan perang, perang dan perjanjian yang terjadi setelahnya adalah hal yang dapat dibenarkan.

“Seseorang mungkin menjadi agresif; seseorang mungkin telah mempertaruhkan nyawanya demi negaranya. Tapi mengapa hal itu harus mempengaruhi seseorang untuk berjudi masa depan angkatan bersenjata dan nasib negaranya?” tulis el-Shazly.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)