9 Negara yang Terlibat dalam Konflik Azerbaijan dan Armenia

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 14:30 WIB
loading...
9 Negara yang Terlibat dalam Konflik Azerbaijan dan Armenia
Tentara etnis Armenia menembakkan artileri saat berperang melawan pasukan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh, 29 September 2020. Foto/Kemhan Armenia/REUTERS
A A A
BAKU - Konflik antara Azerbaijan dan Armenia adalah konflik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Konflik ini dipicu sengketa wilayah Nagorno-Karabakh yang merupakan wilayah yang dihuni mayoritas etnis Armenia, tetapi secara administratif merupakan bagian dari Azerbaijan.

Dalam konflik ini, terdapat beberapa negara yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung.

Negara-negara yang terlibat secara langsung dalam konflik ini adalah Armenia dan Azerbaijan. Kedua negara ini saling berperang untuk memperebutkan wilayah Nagorno-Karabakh.

Selain Armenia dan Azerbaijan, terdapat beberapa negara yang terlibat secara tidak langsung dalam konflik ini. Negara-negara tersebut antara lain:

1. Rusia


Rusia merupakan negara yang memiliki pengaruh besar di kawasan Kaukasus. Rusia memiliki hubungan dekat dengan Armenia dan Azerbaijan.

Moskow telah menjadi mediator dalam beberapa kali konflik antara kedua negara tersebut. Rusia juga telah menyediakan bantuan militer dan keuangan kepada Armenia.

2. Turki


Turki merupakan negara yang memiliki hubungan dekat dengan Azerbaijan. Turki telah mendukung Azerbaijan dalam konflik dengan Armenia.

Turki telah menyediakan bantuan militer dan keuangan kepada Azerbaijan.

3. Iran


Iran merupakan negara yang memiliki perbatasan dengan Armenia dan Azerbaijan. Iran telah berusaha untuk menengahi konflik antara kedua negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)