Latihan Drone Besar-besaran, Iran Pamer Kemampuan yang Tak Pernah Dilihat

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 09:03 WIB
loading...
Latihan Drone Besar-besaran, Iran Pamer Kemampuan yang Tak Pernah Dilihat
Drone Karrar Iran diluncurkan dari darat dengan tenaga jet. Foto/Vahid Reza Alael/FARS News
A A A
TEHERAN - Latihan Drone Gabungan 1402 yang dilaksanakan selama dua hari di Iran telah berakhir dengan sukses.

Republik Islam Iran memamerkan beberapa kemampuan baru yang mengesankan ketika para komandannya menyombongkan peran penting yang dimainkan drone (UAV) dalam menjamin keamanan negara di Timur Tengah.

“Kami telah mengembangkan kemampuan yang memungkinkan drone kami menyerang bagian mana pun dari kapal yang kami inginkan saat kapal tersebut berlayar pada jarak ribuan mil jauhnya dengan bantuan kecerdasan buatan,” ungkap Panglima Korps Garda Revolusi Iran Hossein Salami mengatakan kepada publik di Teheran pada Rabu (4/10/2023).



Dia menekankan operator drone bahkan dapat “menentukan tingkat kehancuran” yang disebabkan oleh serangan.

Iran memamerkan beragam drone selama latihan dua hari tersebut, yang melibatkan ratusan UAV dari berbagai kelas, termasuk drone peperangan elektronik Kaman-19 yang serba baru dan drone serangan bunuh diri jarak jauh Arash, yang dilaporkan memiliki jangkauan yang sangat jauh hingga 2.000 km.

Di tengah latihan tersebut, media Iran menunjukkan rekaman pengintaian dan serangan UAV Ababil-5 yang mengawasi kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke AS yang berlayar melalui Samudera Hindia bagian utara.

Rekaman dari latihan tersebut juga menunjukkan drone Karrar yang bertenaga jet dan dilengkapi radar menghantam dan menghancurkan UAV tiruan musuh di udara menggunakan rudal udara-ke-udara Majid AD-08.

Unjuk kekuatan itu menyoroti kemampuan yang belum pernah dipamerkan Iran kepada publik sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)