Kekacauan di Kongres AS Bikin Joe Biden Waswas

Kamis, 05 Oktober 2023 - 09:07 WIB
loading...
Kekacauan di Kongres AS Bikin Joe Biden Waswas
Kekacauan di Kongres membuat Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden khawatir akan mengganggu bantuan untuk Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Kekacauan di Kongres membuat Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden khawatir akan mengganggu bantuan untuk Ukraina. Untuk itu, ia akan segera memberikan pidato penting untuk menjelaskan mengapa perlu membantu Ukraina mengusir penjajah Rusia.

Pertikaian internal Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS telah memperumit negosiasi anggaran. Biden yang awalnya yakin akan mengunci kesepakatan terkait bantuan untuk Ukraina, kini menjadi khawatir akan nasib prioritas pendanaan kebijakan luar negeri utamanya.

Ketika ditanya apakah dia khawatir Amerika Serikat tidak akan dapat memberikan bantuan yang dijanjikan kepada Ukraina karena kekacauan di Capitol Hill, Biden mengatakan: "Ini memang mengkhawatirkan saya...tapi saya tahu ada mayoritas anggota DPR dan Senat di kedua partai yang mengatakan bahwa mereka mendukung pendanaan Ukraina," seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (5/10/2023).

Biden pada bulan Juli meminta Kongres untuk menyetujui tambahan dana sebesar USD24 miliar terkait dengan Ukraina, yang diharapkan oleh para pendukung Ukraina – Partai Republik dan Demokrat – dapat menjadi undang-undang sebagai bagian dari rancangan undang-undang pengeluaran. Gedung Putih pada hari Selasa mengatakan bahwa tingkat pendanaan saat ini akan bertahan sekitar dua bulan lagi.



Biden berusaha meyakinkan sekutu AS dalam seruannya pada hari Selasa bahwa bantuan AS akan terus berlanjut tanpa hambatan ketika pasukan Ukraina terus melakukan serangan balasan untuk mencoba merebut kembali wilayah yang hilang sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

“Pesan presiden adalah bahwa Amerika Serikat pasti dapat terus diandalkan dalam masalah ini di masa depan,” kata Kanselir Jerman Olaf Scholz kepada wartawan di Berlin.

Biden tidak mengatakan kapan dia akan menyampaikan pidatonya mengenai topik tersebut tetapi mengindikasikan bahwa pidatonya akan segera disampaikan. Gedung Putih menolak berkomentar dan seorang pejabat mengatakan pidato tersebut saat ini tidak ada dalam jadwal Biden.

“Saya akan berargumentasi bahwa keberhasilan Ukraina adalah kepentingan Amerika Serikat dan kepentingan kita semua,” katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)