Gedung Putih: Putin Salah Jika Berpikir Bisa Bertahan Lebih Lama dari Barat di Ukraina

Selasa, 03 Oktober 2023 - 06:15 WIB
loading...
Gedung Putih: Putin Salah Jika Berpikir Bisa Bertahan Lebih Lama dari Barat di Ukraina
Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre. Foto/Al Arabiya
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih menolak klaim Kremlin bahwa negara-negara Barat yang kelelahan memberikan bantuan untuk Ukraina akan bertambah. Klaim itu muncul setelah Kongres Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk tidak memberikan bantuan dalam rancangan undang-undang daruratnya untuk mencegah penutupan pemerintah atau shutdown.

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan AS akan “segera” mengirimkan paket bantuan lain ke Ukraina. Itu dikatakannya dalam upaya untuk meredakan kekhawatiran tentang berkurangnya dukungan terhadap negara yang dilanda konflik tersebut.

“Ada koalisi internasional yang sangat kuat di belakang Ukraina. Dan jika Putin berpikir dia bisa hidup lebih lama dari kita, dia salah," kata Jean-Pierre dalam konferensi pers di Gedung Putih.

"Jadi kami akan segera memberikan paket bantuan lain untuk Ukraina sebagai tanda dukungan kami yang berkelanjutan bagi rakyat Ukraina yang pemberani,” imbuhnya seperti dikutip dari Politico, Selasa (3/10/2023).

Menurut seorang pejabat AS, paket bantuan terbaru akan datang akhir pekan ini.

Pengumuman ini disampaikan dua hari setelah Kongres AS meloloskan rancangan undang-undang pendanaan pemerintah dalam waktu 11 jam yang tidak mencakup bantuan untuk Ukraina.



Ini merupakan pukulan bagi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Joe Biden, yang telah menjadikan dukungan untuk Ukraina sebagai salah satu prioritasnya saat ia berupaya untuk terpilih kembali pada tahun 2024.

Zelensky bertemu dengan pimpinan Kongres pada bulan September untuk memohon lebih banyak bantuan.

“Jika kita tidak mendapatkan bantuan, kita akan kalah perang,” kata Zelensky kepada Pemimpin Mayoritas Chuck Schumer pada saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)