Perjalanan Karier Politik Kevin McCarthy, Ketua DPR AS yang Dipecat

Rabu, 04 Oktober 2023 - 20:07 WIB
loading...
Perjalanan Karier Politik Kevin McCarthy, Ketua DPR AS yang Dipecat
Kevin McCarthy dipecat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat melalui voting. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Kevin McCarthy dipecat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) melalui voting pada Selasa (3/10/2023).

McCarthy disingkirkan dari jabatannya, sebuah peristiwa yang baru pertama kali terjadi dalam 234 tahun di Parlemen Amerika.

Sebuah resolusi “untuk mengosongkan jabatan ketua” didukung oleh para anggota DPR dengan perbandingan suara 216:210.

McCarthy digulingkan sebagai Ketua DPR AS setahun sebelum pemilihan presiden.

"Alasan Kevin McCarthy turun hari ini adalah karena tidak ada yang mempercayainya. Kevin McCarthy telah membuat banyak janji yang bertentangan, dan ketika semuanya jatuh tempo, dia kalah," kata politisi konservatif Florida, Matt Gaetz, setelah pemungutan suara, sebagaimana dikutip NDTV, Rabu (4/10/2023).



Perjalanan Karier Politik Kevin McCarthy


Kevin McCarthy lahir pada 26 Januari 1965 di Bakersfield, California.

Bahkan sebelum berusia 21 tahun, dia menggunakan USD5.000 dari kemenangan lotere negara bagian setempat untuk memulai usaha toko makanannya sendiri bernama Kevin O's. Dia kemudian menjual toko makanan tersebut pada tahun 1987.

McCarthy lulus dari California State University di Bakersfield pada 1989, di mana dia menjabat sebagai ketua Partai Republik Muda California.

Mulai tahun 1987, dia mulai magang di kantor distrik asal Bill Thomas, politisi Partai Republik yang saat itu menjabat sebagai Ketua Komite Cara dan Sarana DPR AS. Seiring waktu, karier McCarthy berkembang menjadi direktur kantor distrik Thomas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)