Rusia akan Naikkan Biaya Visa untuk Sebagian Besar Negara Eropa

Rabu, 04 Oktober 2023 - 06:52 WIB
loading...
Rusia akan Naikkan Biaya Visa untuk Sebagian Besar Negara Eropa
Zona pengawasan bea cukai di Bandara Internasional Sheremetyevo Moskow. Foto/Sputnik/Ramil Sitdikov
A A A
MOSKOW - Rusia akan menaikkan biaya visa secara signifikan bagi warga negara Uni Eropa (UE) dan beberapa negara Eropa lainnya, menurut portal bisnis RBK.

Satu komisi pemerintah telah menyetujui perubahan yang diusulkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia.

“Selain 27 anggota UE, rancangan undang-undang tersebut mencantumkan Islandia, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss sebagai negara yang terkena dampak langkah tersebut,” ungkap RBK pada Senin (2/10/2023).

Denmark, yang merupakan anggota UE, juga disebutkan secara khusus. Moskow dan Kopenhagen menandatangani kesepakatan untuk menyederhanakan proses visa pada tahun 2008, meskipun hubungan bilateral telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Setelah Denmark mengurangi jumlah visa masuk yang dikeluarkan untuk warga Rusia, konsulat Rusia di Kopenhagen menghentikan pengoperasian visanya pada September.

Biaya visa untuk warga negara dari negara-negara yang terdaftar akan naik dari USD37-USD73 menjadi USD50-USD300, tergantung pada jenis izin masuk, menurut RBK.

Berdasarkan RUU tersebut, program pembebasan visa Rusia tidak lagi mencakup beberapa kategori pengunjung dari negara-negara tersebut.



Ini termasuk kerabat dekat warga negara Rusia, pejabat, pelajar, atlet, orang-orang yang terlibat dalam kegiatan ilmiah dan budaya, dan mereka yang bepergian ke Rusia untuk alasan kemanusiaan seperti perawatan medis atau menghadiri pemakaman.

“Kementerian Luar Negeri mengatakan langkah-langkah tersebut akan memungkinkan mereka memperoleh pendapatan lebih dari dua kali lipat dari penerbitan visa,” ungkap RBK.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)