Berniat Normalisasi Hubungan dengan Israel, Khamenei Peringatkan Arab Saudi

Rabu, 04 Oktober 2023 - 01:38 WIB
loading...
A A A
“Sama seperti Iran tidak menghalangi kita untuk mencapai Kesepakatan Abraham, Iran juga tidak akan menghalangi kita untuk memperluas lebih jauh lingkaran perdamaian demi kebaikan warga Israel, masyarakat di kawasan ini, dan umat manusia secara keseluruhan,” tegasnya.



Sebelumnya, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa “kerangka dasar” telah tersedia untuk perjanjian perdamaian antara Arab Saudi dan Israel yang ditengahi Amerika Serikat (AS).

Kesepakatan semacam itu akan melanjutkan ‘Perjanjian Abraham’ mantan Presiden AS Donald Trump, yang mencakup Bahrain, Maroko, Sudan, dan Uni Emirat Arab yang setuju untuk menjalin hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Israel.

Iran dan Arab Saudi adalah rival geopolitik terbesar di Timur Tengah, dan kesepakatan normalisasi antara Riyadh dan Yerusalem Barat akan menjadi pukulan strategis yang besar bagi Teheran.

Sebelum pengumuman Kirby, Arab Saudi tampaknya telah menjauh dari pengaruh Amerika, dengan Riyadh dilaporkan sedang berupaya mencapai kesepakatan untuk menjual minyak ke China dalam yuan dan menandatangani kesepakatan normalisasi yang ditengahi Beijing dengan Iran pada bulan Maret.

Arab Saudi dan Iran juga menerima undangan pada bulan Agustus untuk bergabung dengan kelompok negara berkembang BRICS, sebuah blok informal yang dipimpin oleh Rusia dan China.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)