Pukulan Telak Buat Putin, Sekutu Rusia Ini Gabung ICC

Selasa, 03 Oktober 2023 - 23:20 WIB
loading...
A A A
“Pembicaraan serius mengenai topik ini akan segera terjadi. Kita perlu mencari solusi diplomatis dalam hal ini,” katanya.

Hubungan Armenia dengan Rusia memburuk secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2020, Moskow menjadi perantara kesepakatan yang mengakhiri perang enam minggu antara Armenia dan Azerbaijan. Perjanjian tersebut mengamanatkan agar Yerevan menyerahkan sebagian besar wilayah di dan sekitar Nagorno-Karabakh kepada Baku, bagian dari Azerbaijan yang mayoritas penduduknya adalah orang Armenia.

Rusia kemudian mengirim sekitar 2.000 pasukan penjaga perdamaian ke wilayah yang bergejolak. Armenia menuduh pasukan tersebut gagal mencegah permusuhan baru-baru ini oleh Azerbaijan yang menyebabkan Baku mengambil kendali penuh atas wilayah tersebut.

Kremlin, sebaliknya, menuduh Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mempercepat jatuhnya Nagorno-Karabakh dengan mengakui kedaulatan Azerbaijan atas wilayah tersebut.

Moskow juga menyalahkan Yerevan karena merusak hubungan dengan Rusia dengan merangkul negara-negara Barat, termasuk menjadi tuan rumah bagi pasukan AS untuk latihan militer gabungan.

Masih belum jelas apakah Pashinyan akan membawa Armenia keluar dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif yang didominasi Moskow, sekelompok negara bekas Soviet, dan aliansi lain yang dipimpin Rusia. Armenia juga menjadi tuan rumah pangkalan militer Rusia dan penjaga perbatasan Rusia membantu berpatroli di perbatasan Armenia dengan Turki.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)