Rusia Tuding Pemimpin Armenia Buat Kesalahan Besar

Selasa, 26 September 2023 - 06:34 WIB
loading...
Rusia Tuding Pemimpin Armenia Buat Kesalahan Besar
Krisis Armenia memicu ketegangan dengan Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Jalan politik yang digariskan oleh Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dalam pidato Hari Kemerdekaannya sangat cacat. Itu diungkapkan Kementerian Luar Negeri Rusia.

Moskow menyatakan pernyataan perdana menteri tersebut hanyalah upaya untuk menghindari tanggung jawab atas kesalahan pemerintahnya dengan menyalahkan Rusia dan menggoda negara-negara Barat.

Sebelumnya pada Minggu, Pashinyan mempertanyakan “tujuan dan motif kontingen penjaga perdamaian Rusia di Nagorno-Karabakh” di tengah peningkatan eskalasi baru-baru ini di wilayah yang disengketakan yang membuat Azerbaijan mengambil kendali atas wilayah tersebut melalui operasi militer yang cepat.



"Sekutu yang kami andalkan selama bertahun-tahun menetapkan tujuan untuk mengungkap kelemahan kami dan membenarkan ketidakmampuan rakyat Armenia untuk memiliki negara merdeka,” ungkap Pashinyan tanpa menyebut negara tertentu. Dia juga mengatakan bahwa eskalasi di Nagorno-Karabakh dan bahaya yang dihadapi etnis Armenia di sana “tidak ada hubungannya” dengan pemerintahannya.

“Sudah jelas bagi kita semua bahwa instrumen CSTO [Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif] dan kemitraan strategis Armenia-Rusia tidak cukup untuk menjamin keamanan nasional Armenia,” tambah perdana menteri, mengacu pada aliansi pertahanan yang dipimpin Rusia. .

Kementerian Rusia mengatakan pada hari Senin bahwa “serangan langsung dan tidak langsung terhadap Rusia” dalam pernyataan Pashinyan menunjukkan bahwa “proses destruktif yang diilhami oleh Barat dan didorong oleh Yerevan bukanlah bersifat sporadis tetapi bersifat sistemik.”

Pemerintah di Yerevan dengan sengaja berusaha menjauhkan Armenia dari Rusia, dan memperingatkan bahwa, meskipun kedua negara pasca-Soviet tersebut memiliki “kepentingan yang sama dalam bidang keamanan dan pembangunan,” pihak Barat hanya berupaya untuk “menimbulkan kerusakan strategis pada negara-negara tersebut.” Rusia” dan “menggoyahkan kawasan Eurasia.”

"Moskow selalu berkomitmen terhadap tugasnya sebagai sekutu dan secara aktif berkontribusi terhadap keamanan, pembangunan ekonomi dan budaya Armenia," klaim Kementerian Luar Negeri Rusia, dilansir RT.

Upaya Rusia dan presidennya, Vladimir Putin, membantu Yerevan menghindari “kekalahan total” dalam konflik tahun 2020 dengan Azerbaijan, katanya, seraya menambahkan bahwa Rusia menjadi perantara kesepakatan gencatan senjata yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menyelesaikan situasi di sekitar wilayah tersebut.

Alih-alih mematuhi kesepakatan yang ditengahi Rusia, Pashinyan malah beralih ke Barat dan mengakui kedaulatan Azerbaijan atas wilayah yang disengketakan selama pembicaraan di Praha dan Brussels. Tindakan Yerevan ini sangat berdampak pada kesepakatan yang dibantu Moskow, serta status pasukan penjaga perdamaian Rusia yang dikirim ke Nagorno-Karabakh sebagai bagian dari kesepakatan tersebut.

Moskow mengklaim Armenia kehilangan waktu berharga yang seharusnya dapat digunakan untuk memajukan perundingan mengenai perjanjian perdamaian antara Yerevan dan Baku serta [melaksanakan] penetapan batas perbatasan.

“Kami yakin bahwa pemerintah di Yerevan membuat kesalahan besar dengan sengaja berupaya menghancurkan hubungan yang kompleks dan telah berlangsung selama berabad-abad antara Armenia dan Rusia, serta menjadikan negara mereka sandera permainan geopolitik Barat,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)