Seberapa Kuat Militer Slovakia? Hanya Punya 13.000 Tentara dan 10 Jet Tempur

Selasa, 03 Oktober 2023 - 20:25 WIB
loading...
Seberapa Kuat Militer Slovakia? Hanya Punya 13.000 Tentara dan 10 Jet Tempur
Militer Slovakia hanya memiliki 13.000 prajurit dan 10 jet tempur. Foto/Reuters
A A A
CHLABA - Slovakia adalah salah satu negara di Eropa Tengah yang memiliki kekuatan militer yang cukup signifikan meskipun memiliki ukuran dan anggaran yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa negara Eropa yang lebih besar.

Lantas seberapa kuat militer Slovakia? Artikel ini akan membahas tentang seberapa kuat militer Slovakia dalam berbagai aspek, termasuk anggaran, operasional, peralatan, dan amunisi tiap angkatannya:

Seberapa Kuat Militer Slovakia?

Pada tahun 2023, Slovakia menempati posisi 67 dari 145 negara yang dievaluasi dalam tinjauan tahunan GFP. Skor PwrIndx* negara ini adalah 1,1789 (di mana skor 0,0000 dianggap sebagai 'sempurna').

Slovakia, sebagai anggota NATO sejak 2004, telah menunjukkan komitmen terhadap pertahanan bersama dengan meningkatkan anggaran militer setiap tahun.

Anggaran pertahanan Slovakia terus meningkat, pada tahun 2023, anggaran pertahanan Slovakia sekitar 2,092 miliar dolar AS atau setara dengan Rp32,6 triliun.



Slovakia memiliki angkatan bersenjata yang terdiri dari Angkatan Darat dan Angkatan Udara.

Jumlah personel militer aktif di Slovakia sekitar 13.000 orang pada tahun 2023. Selain personel aktif, terdapat juga personel cadangan dan pasukan milisi yang dapat diaktifkan jika diperlukan.

Selain itu Slovakia memiliki beragam peralatan militer modern yang mencakup berbagai jenis senjata dan sistem pertahanan.

Angkatan darat Slovakia dilengkapi dengan tank, kendaraan lapis baja, artileri, dan sistem pertahanan udara. Angkatan udara memiliki pesawat tempur, helikopter, dan sistem pertahanan udara modern.

Angkatan Udara Slovakia di tahun 2023 dilengkapi dengan amunisi 10 pesawat perang. Pada tahun 2018, Slovakia juga membeli pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat, yang meningkatkan kemampuan pertahanan udaranya.

Di sisi lain, Angkatan Darat Slovakia juga didukung 30 kepemilikan kendaraan Tank, dan 72 senjata artileri.

Secara keseluruhan, Slovakia memiliki kekuatan militer yang cukup signifikan dengan anggaran pertahanan yang terus meningkat, personel militer yang kompeten, dan peralatan militer modern.

Meskipun ukuran negara dan anggarannya lebih kecil dibandingkan dengan beberapa negara Eropa lainnya, Slovakia tetap aktif dalam menjaga keamanan dan kontribusi dalam pertahanan negara.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)